Home / Pendidikan / Fakultas Teknik Pertambangan Unsri Soroti Iklim Investasi 

Fakultas Teknik Pertambangan Unsri Soroti Iklim Investasi 

(Suasana Kuliah Umum Fakultas Teknik Pertambangan Unsri)

Palembang, BP
Kendati pun di era globalisasi saat ini banyak tantangan investasi, namun iklim investasi terutama dibidang pergambangan dan sejenisnya masih memggeliat. Hal ini ditandai munculnya berbagai investor dengan berbagai pola kerjasama. Sebut saja pola klasik yakni pola kerjasama terdahulu di Indonesia berupa Production Sharing Contract (PSC).
Demikian mengemuka pada kuliah umum yang digelar oleh Ikatan Alumni Teknik Pertambangan Universitas Sriwijaya (IATSRI) belum lama ini. Tak tanggung-tanggung pada acara kuliah umum ini dihadirkan Ichsan Samiron selaku Vice Presiden Planning KUFPEC (Kuwait Foreign Petroleum Exploration Company) Indonesia Ventures Ltd.
“Jadi mengapa Iklim investasi di Indonesia masih menarik, karena adanya dukungan, Resource, Skill, Infrastructure, Demand, Political dan juga Fiscal atau sistem bagi hasil,”ujar Ichsan.
Lanjut dia, bahwa saat ini mayoritas Investor masih menggunakan cara klasik yakni pola kerjasama terdahulu di Indonesia berupa Production Sharing Contract (PSC).
Artinya, sistem bagi hasil dengan resiko di tanggung pihak operator, penyedia murni hanya menyediakan lokasi dengan data ketersediaan. Menururnya, pola kerjasama ini diterapkan pertama kali di Indonesia, sekarang telah dipakai beberapa negara.
“Tapi, ini tentu ada kelemahannya berupa cost recovery atau pengembalian dana investor. Mulai dari biaya meningkat, masuk APBN, birokrasi panjang dan sistem aplikasinya,”jelasnya.
Menurutnya pola kerjasama saat ini sudah berdasarkan PERMEN NO.8/2017 tentang GROSS SPLIT. Pola ini, adalah pola kerjasama dg pihak investor terbaru, dan sampai saat ini baru diberlakukan di negara Indonesia saja.
Sementara itu dikatakan Sekretaris Jendral (Sekjend) IATSRI Agung Rahmadi mengatakan bahwa kegiatan kuliah umum ini digelar dengan tema ‘Metode Bagi Hasil Terbaru Minyak (Gross Split)’.
“Tak kurang dari 100 orang dari kalangan alumni, dosen serta mahasiswa UNSRI dan Politeknik AKAMIGAS Palembang mengikuri acara ini,”terangnya.
Menurutnya, acara ini merupakan kegiatan perdana yang rencananya akan dilakukan dua bulan sekali dengan kerjasama antara Ikatan Alumni Teknik Pertambangan Universitas Sriwijaya (IATSRI), Jurusan Teknik Pertambangan Universitas Sriwijaya, dan Persatuan Mahasiswa Teknik Pertambangan Fakulas Teknik Universitas Sriwijaya (Permata FT Unsri). (rill/sug)
Baca:  Seminar Hubungan Palembang Dengan Daerah Lain Di Nusantara
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Amaliah: Berjuang Bersama Mencetak Anak Berakhlak Baik

Palembang, BP DPD Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Palembang menggelar Khataman Wisuda Santri TK/TP Al-quran angkatan XIV Tahun ...