Home / Headline / Mahasiswa Harus Awasi Pelaksanaan Pilkada Serentak Di Sumsel

Mahasiswa Harus Awasi Pelaksanaan Pilkada Serentak Di Sumsel

BP/DUDY OSKANDAR
Suasana acara Bawaslu dan Ikatan Keluarga (IKA) Universitas Sriwijaya (Unsri) menggelar talkshow kolaboratif,” Mewujudkan Masyarakat Sumatera Selatan Yang Cerdas , Peduli dan Berpartisipasi Aktip dalam Menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah Sumsel di Hotel Horison Ultima, Palembang, Rabu (Rabu (9/5).

Palembang, BP
Bawaslu dan Ikatan Keluarga (IKA) Universitas Sriwijaya (Unsri) menggelar talkshow kolaboratif,” Mewujudkan Masyarakat Sumatera Selatan Yang Cerdas , Peduli dan Berpartisipasi Aktip dalam Menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah Sumsel di Hotel Horison Ultima, Palembang, Rabu (Rabu (9/5).
Acara tersebut dihadiri diantaranya Keynote Speaker , Ketua IKA Unsri yang juga Anggota I BPK RI Dr Agung Firman Sampurna SE Msi, pengamat politik Dr Mada Apriandi SH MCL, Tim pemantau Pemilu Independent Badko HMI Palembang Derry Fransa Putra S Kom, Anggota Bawasl Sumsel, Iin Irwanto ST MM, Presiden Mahasiswa Unsri yang juga koordinator Aliansi BEM Se-Sumsel Trisno, Kepala Sekretariat Bawaslu Sumsel Ir H Iriadi Ms dan ratusan mahasiswa seluruh Sumsel, Sekretaris KPU Sumsel M Sumarwan.
Ketua Panitia Rahmat Farizal mengaku bangga kalangan mahasiswa yang peduli pastisipatif dan cerdas sebagai intelektual ikut bertanggungjawab dalam mengawasi pilkada di Sumsel.
Mahasiswa menurutnya, akan memberikan dukungan dalam penyelenggaraan pemilu di Sumsel oleh penyelenggara pemilu.
“Besar harapan kita, kita publikasikan kegiatan hari ini dengan sebesar besarnya ” katanya .
Kepala Sekretariat Bawaslu Sumsel Ir H Iriadi Ms mengatakan, kegiatan ini tujuannya mempererat tali silaturahmi mahasiwa alumni dan masyarakat dengan Bawaslu dan sebagai pencerdasan dalam pilkada serentak tahun 2018.
Sedangkan peserta yang hadir menurutnya, adalah alumni Unsri tergabung dalam Ika Unsri, kalangan mahasiswa Sumsel lainnya yang berjumlah 700 orang.
Anggota Bawaslu Sumsel Iin Irwanto mengatakan, kegiatan ini berkerjasama dengan Ika Unsri.
“Pilkada serentak tanggal 27 Juni 2018 pilkada milik rakyat kami sebagai pengawas , menilai betapa penting pilkada ini dan kami perlu merangkul elemen masyarakat mengawasi bersama sama untuk mengawasi pilkada serentak, ” katanya.
Selama ini menurutnya, pihaknya mengadakan kegiatan pengawasan partisipatif salah satunya dengan melakukan sosialisasi dengan kerjasama bersama BEM Unsri, UIN Raden Fatah Palembang dan sebagainya.
” Kegiatan ini dalam rangka membantu Bawaslu Sumsel,” katanya.
Keynote Speaker , Ketua IKA Unsri yang juga Aggota I BPK RI Dr Agung Firman Sampurna SE Msi dalam paparannya menilai pemilu atau pilkada adalah sebuah gagasan yang dilakukan untuk memberikan manfaat yang terbaik untuk pemilih.
Yang dilakukan beratus-beratus tahun mengalami pemutahiran dan sampai pada proses sekarang.
“Kondisi pemilih di Indonesia sebenarnya belum pada tataran bisa melaksanakan pemilu yang substansial, pada tingkat demokrasi yang substansial, penggunaan istilah pemilih atau voter sebenarnya bergantian dengan pembayar pajak, dengan kata lain semua pemilih adalah pembayar pajak,” katanya.
Menurutnya pada saat itu masyarakat bisa bicara bahwa pemilih ada pemilih yang modern karena betul-betul mengetahui bahwa mereka sudah memberikan kewajibannya dan menuntut haknya dan mereka menggunakan haknya dengan sangat kritis.
“Tapi itu tidak menutup kemungkinan kita, peluang mendorong agar pemilih di Sumsel menjadi cerdas, peduli dan partisipatif,” katanya.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Tatib DPRD Sumsel Makin Jelas

Palembang, BP   Anggota Komisi I DPRD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Elianuddin HB menilai fungsi komisi, fungsi alat-alat dewan, Banmus ...