Home / Headline / Sindikat Pembobol ATM Lampung Ditembak di Muaraenim

Sindikat Pembobol ATM Lampung Ditembak di Muaraenim Diganjal Pakai Tusuk Gigi

Arison, pelaku pembobolan ATM mendapat perawatan karena mengalami luka tembak. BP/RUL

Muaraenim, BP–Hanya dengan mengganjal lubang kartu di mesin ATM menggunakan tusuk gigi, komplotan Arison alias Bintang Ratu (28) sukses menguras tabungan nasabah.

      Semua itu terungkap setelah Tim Rajawali Satreskrim Polres Muaraenim menangkap tersangka Arison di depan Hotel Duta, Kota Bumi, Lampung Utara, Kamis (3/5) malam.

Bahkan karena berusaha melawan saat disergap, sindikat pembobolan ATM antar provinsi ini terpaksa dihadiahi timah panas oleh aparat kepolisian.

Berdasarkan data diperoleh, salah satu aksi tersangka yakni di ATM Saung Eva, di kawasan Kepur, Kabupaten Muaraenim terhadap korban Frangky pada 29 Desember 2017 lalu.

Baca:  Perampok Bersenjata Api Ditembak

Saat itu tersangka dan komplotan nya sengaja mengganjal mesin lubang ATM BRI menggunakan tusuk gigi. Lalu kawanan pelaku mulai menunggu korban di dalam mobil yang parkir di depan ATM.

Kemudian setelah korban mulai terlihat panik karena kartu yang dimasukkan tersangkut, salah satu pelaku turun dari mobil mendekati dan berpura-pura membantu serta meminta korban menekan PIN dan keluar dari ATM.

Namun saat itu pelaku telah mengintip dari kaca untuk mengetahui PIN korban dan kemudian pelaku kembali masuk mobil sembari menunggu korban pergi.

Kemudian setelah memastikan korban telah meninggalkan ATM dengan kartu yang masih tertinggal, tersangka kembali ke ATM dan mengambil kartu korban yang tersangkut karena telah diganjal tersebut.

Baca:  Baku Tembak Dengan Perampok, Kapolsek Tertembak

Selanjutnya setelah mendapatkan kartu dan PIN, kawanan pelaku dengan leluasa menguras isi tabungan korban dan saat itu mentransfer uang dari rekening korban ke rekening Sepi Andi sebesar Rp15 juta.

Serta mengirimkan ke rekening tersangka Karim sebesar Rp20 dan melakukan tarik tunai sebesar Rp5 juta. “Tugas saya cuma memantau pin dari luar ATM dan yang memasang tusuk gigi itu rekan saya,” ujar Arison yang mengaku kebagian Rp10 juta.

Sementara itu Kapolres Muaraenim AKBP Afner Juwono melalui Kasat Reskrim AKP Willian Harbensyah mengatakan penangkapan setelah pihaknya melakukan penyelidikan atas laporan korban.

Baca:  Sudah Terkepung Masih Melawan, Akbar Tanjung Ditembak

“Setelah keberadaannya diketahui, maka langsung kita lakukan penyergapan, namun karena berusaha melawan, tersangka terpaksa diberikan tindakan tegas,” kata AKP Willian, Minggu (6/5).

Dirinya menjelaskan, saat disergap tersangka mencoba melakukan perlawanan dengan mengambil senjata tajam dari dashboard mobilnya, sehingga dianggap membahayakan.

“Saat ini tersangka telah diamankan dan masih menjalani pemeriksaan lebih lanjut untuk membongkar tindak kejahatan yang pernah dilakukan tersangka,” jelasnya.

Serta dalam penangkapan tersebut, dirinya menambahkan, juga diamankan satu unit mobil Toyota Avanza dengan nomor polisi B 1712 FRR, sebilah pisau, ponsel dan kartu ATM. #nur

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

20 Orang Lolos Test CAT Dan Psikologi

Palembang, BP Tim seleksi (Timsel) anggota Bawaslu provinsi Sumsel penambahan yang terdiri dari Ketua , Prof Dr Kasinyo Harto, , ...