Home / Headline / KOPZIPS Ucapkan Selamat Jalan Kepada Para Tamu Ziarah Kubro

KOPZIPS Ucapkan Selamat Jalan Kepada Para Tamu Ziarah Kubro

 

BP/IST
KOPZIPS atau Komunitas Pecinta Ziarah Palembang Darussalam dan Sumatera Selatan merupakan sebagian kecil dari panitia Ziarah Kubro melalui juru bicaranya Muhammad Setiawan saat berpoto denganPangeran Ratu Djayawikrama RM Fawaz Diradja SH. M.kn

Palembang, BP

Ziarah Kubro Ulama dan Aulia Palembang Darussalam dimulai dari Jumat (4/5) hari Pertama sampai puncak hari ini, Minggu (6/5) Kota Palembang Darussalam dibanjiri oleh ribuan umat Islam dari berbagai penjuru Indonesia bahkan berbagai penjuru dunia.
Ziarah Kubro ini merupakan agenda resmi Kota Palembang Darussalam dan provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dalam setiap tahunnya di mulai 2004 hingga saat ini.
KOPZIPS atau Komunitas Pecinta Ziarah Palembang Darussalam dan Sumatera Selatan merupakan sebagian kecil dari panitia Ziarah Kubro melalui juru bicaranya Muhammad Setiawan mengucapkan selamat jalan dan terima kasih kepada semua tamu yang datang di ziarah kubro.
“Semoga ditahun-tahun mendatang dapat kembali bertemu di acara yang sama.Dan kami berharap juga kepada semua tetamu Ziarah Kubro , agar berkenan juga untuk ikut bergabung dengan kita di KOPZIPS , karena silaturahmi antar kita pecinta ziarah dimana pun berada itulah yang kami harapkan,” katanya.
Selain itu, selama beberapa hari terakhir di bulan Sy’aban menjelang bulan suci Ramadhan 1439 H ini beberapa anggota KOPZIPS selalu melakukan rutinitas Ziarah ke berbagai makam bersejarah di Palembang dan Sumsel.
Sedangkan Panitia acara ziara kubro , Habib Hamid Annaqib bin Syekh Abu Bakar bin Salim dalam sambutannya, di tahun ini ada beberapa hal yang sedikit lebih menarik ziarah kubro, ada lebih kurang 300 lebih alim ulama, habaib, kyai dan syekh dari berbagai penjuru Indonesia yang akan melakukan multaqa atau temu alumni yang tahun ini akan digelar di Palembang tepatnya pada malam Selasa mendatang di Pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang.
“Sedangkan tamu yang datang berasal dari luar pun sangat banyak diantaranya Syekh Umar Al-khotib dari Tarim Hadramaut Yaman , Habib Umar bin Abdurrahman Aljufri dari Madinah , dan masih banyak lagi,” katanya.
Selain itu menurutnya tahun ini lokasi puncak ziarah kubro yang berada di kambang koci tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yakni di atas kuburan para Auliya di sana , tahun ini didirikan tenda di tanah lapangan peti kemas dan panggungnya pun disana.
“Karena ditakutkan akan terjadi hal-hal yang kurang adab terhadap kuburan para Auliya , maka maqbarah kambang koci ditutup untuk sementara dan dibuka kembali hingga sore kepada siapapun yang ingin berziarah khususnya yang berasal dari luar kota,” katanya .
Dan disore hari ini Ziarah masih berlanjut dengan wisata bahari yaitu ke Makam habib Ahmad bin Muhammad Alaydrus di pulau Kemaro dan makam kyai marogan
Sementara itu Pjs Wali Kota Palembang, H Ahmad Najib dan Wali Kota Palembang nonaktif H , Harnojoyo juga diantara ribuan umat muslim. iring-iringan marawis dan solawat bersautan di sepanjang jalan di Kampung Sei Bayas menuju pemakaman ulama di Kawah Tengkurep.
Kawah tengkurep diketahui merupakan komplek pemakaman Pangeran Syarif Ali. Termasuk makam para ulama pada massa kesultanan di Kota Palembang saat menyebarkan ajaran agama Islam.
“Ini peluang baik dalam mendatangkan wisatawan lokal dan mancanegara, jadi kegiatan ziarah kubro bukanlah hanya ziarah seperti pada umumnya. Tatapi juga ini menjadi salah satu agenda kita karena sudah menjadi wisata religi,” kata Pjs Wali Kota Palembang, Ahmad Najib.
Dikatakan Najib, Palembang menjadi salah satu kota pertama di Indonesia yang disinggahi oleh para penyebar agama islam. Kini ziarah kubro telah menjadi suatu kegiatan religi sebagai keistimewaan bagi kota Palembang.
“Ini yang harus dikedepankan dan terus ditingkatkan. Sehingga apa yang kita lakukan juga menjadi amal yang diterima Allah. Terutama dalam memajukan kota ini,” kata Najib.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Pesona Puteri “Yang” dari Muntok Isteri Sultan Palembang

Oleh: Pengamat sejarah kota Palembang : Kms. H. Andi Syarifuddin Sebagaimana diketahui, dulu, Pulau Bangka Belitung termasuk dalam bagian wilayah Kesultanan ...