Home / Headline / Lukisan Siswa SMKN 7, Refleksi Keberhasilan Pendidikan di Sumsel

Lukisan Siswa SMKN 7, Refleksi Keberhasilan Pendidikan di Sumsel ---Momentum Hardiknas 2018---

MELUKIS: Para siswa dari SMK Negeri 7 Palembang saat menyelesaikan lukisan refleksi keberhasilan pendidikan Sumsel Sang Inisiator Sekolah Gratis Gubernur Sumsel H Alex Noerdin lewat lukisan di sepanjang pagar Dinas Pendidikan Sumsel, Kamis (3/5).

Lewat tangan-tangan seni siswa SMK Negeri 7 Palembang ini, kiprah Sumsel sebagai inisiator program pendidikan gratis hingga jadi percontohan nasional yang menjadi catatan sejarah. 
——-
Sesekali mereka mengelap keringatnya, kemudian dilanjutkan tangannya memegang kuas berwarna-warni. Sepintas mereka menggoreskan kuas ke pagar secara sederhana, namun pelan tapi pasti karya lukisannya menjadi catatan sejarah bernilai di Sumatera Selatan pada momentum Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2018.
Sekitar 10 anak yang tengah melukis belakangan diketahui ternyata merupakan siswa SMK Negeri 7 Palembang yang dikenal sebagai sekolah seni dan menciptakan para lulusan yang berjiwa seni yang profesional.
Tangan dingin yang menyulap jiwa seni mereka ternyata menghasilkan beragam karya yang memiliki jalan cerita dan reflleksi. Dari sebuah ketidakmungkinan menjadi keniscayaan. Dari yang tidak mampu menjadi mampu.
Refleksi tersebut digambarkan melalui beragam lukisan. Mulai dari sosok Budi yang dari keluarga prasejahtera. Memiliki tekad yang kuat untuk bersekolah. Namun keinginannya kandas karena perekonomian yang tak memadai.
Namun, keinginan Budi untuk menjadi orang yang berpendidikan tinggi tampaknya tak pupus begitu saja. Ia kemudian lahir menjadi pribadi yang cerdas dan memiliki wawasan hingga Internasional.
Pelan tapi pasti, lahirlah banyak sosok seperti Budi yang memiliki hak yang sama mengenyam pendidikan tanpa harus tersandung soal perekonomian. Mereka lahir dengan segudang cita-cita dan prestasi.
Ya, itulah gambaran refleksi program sekolah gratis hingga kuliah gratis di Sumatera Selatan yang diceritakan lewat tinta dingin anak-anak binaan SMK Negeri 7 Palembang.
Kepala SMK Negeri 7 Palembang H Suparman SPd MSi mengatakan bahwa 10 siswanya dipenghujung kelulusannya memang mendedikasikan karyanya dengan sebuah lukisan keberhasilan pendidikan Sumatera Selatan dari sang Inisitor Program Sekolah Gratis (PSG) Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin.
“Jadi lukisan itu adalah refleksi dari keberhasilan Sumsel. Bukan hanya pendidikan tapi yang lainnya. Ada pesan yang mendalam dan penuh perjuangan dari lukisan itu,” ujar Suparman.
Dari 10 siswanya yang merupakan kelas XII tersebut melukis secara bergantian dengan menghabiskan swaktu sekitar 10 hari dalam menyambut Hardiknas 2018 lewat momentum keberhasilan pendidikan di Sumatera Selatan.
Dikatakannya, lewat seni lukis ini diharapkan bisa menjadi sejarah yang tak lekang oleh waktu. Sebagai pesan dan yang ingin disampaikan lewat karya seni.
“SMKN 7 Palembang memang terkenal dengan seninya. Bahkan ada sekolah dari Malaysia yang melakukan studi banding dan mengakui hasil karya anak-anak sangat bagus,”jelasnya.
Sementara itu dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Selatan Drs Widodo MPd mengatakan bahwa refleksi keberhasilan pendidikan Sumsel tersebut sengaja dipajang lewat lukisan di sepanjang pagar di pelataran Dinas Pendidikan Sumatera Selatan agar menjadi motivasi.
“Mulai dari sisi kiri perjuangan, sisi kanan keberhasilan dengan berbagai karya yang diciptakan. Dan ini adalah anak-anak kita, lutra daerah Sumsel yang melukisnya,”terang Widodo.
Widodo berharap Hardiknas 2018 ini menjadi berkesan dan bernilai lewat karya seni yang bukan hanya soal gambar tapi menceritakan pendididikan di Sumsel.
Menurut Widodo, dengan segala kelemahan dan kekurangan program ini telah membuktikan bahwa PSG telah meningkatkan secara pesat angka partisipasi dari 62 persen di 2008 menjadi 80 persen di 2017.
“Bahwa disana-sini masih banyak kekurangan mengenai perjuangan sekolah gratis. Namun, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan tetap komitmen bahwa program unggulan yang jadi percontohan nasional ini bisa tuntas hingga tingkat sarjana,”harapnya.
Tapi terlepas dari kekurangan yang ada, Widodo mengajak bahwa Sumsel adalah satu-satunya daerah yang menjadi inisiator dan penggerak lewat program andalannya sekolah gratis yang saat ini telah terbukti dan diapresiasi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI.
“Bukan hanya pelajar tapi juga kesejahteraan guru. Bahkan amanat Pak Gubernur bahwa bulan Mei ini 1200 guru honor akan memiliki SK Gubernur,”pungkasnya. Osugiarto
Baca:  Dua Pelajar SMAN Sumsel Wakili Merah Putih di Olimpiade Matamatika Dunia
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Pilpres, PBB Masih Netral, PAN-Hanura Solid Dukung 1 dan 2

Palembang, BP Ketua DPC Partai Bulan Bintang (PBB) Kota Palembang, Chandra Darmawan mengaku, hingga saat ini, PBB belum tentukan arah ...