Home / Headline / Alex Noerdin: Ayo Gelorakan Demam Asian Games!

Alex Noerdin: Ayo Gelorakan Demam Asian Games!

Jakarta, BP–Bicara Asian Games bukan lagi tenang kesiapan venue karena memang sudah harus siap. Yang terpenting apakah rakyat Indonesia sudah tahu apa tujuan dan manfaatnya.

Menjelang pelaksanaan Asian Games yang tinggal 107 hari lagi, Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin memastikan seluruh persiapan di Palembang tuntas.

Tak lagi fokus soal venue, tuan rumah Palembang kini tengah berjibaku menggelorakan perhelatan tersebut kepada seluruh masyarakat agar menjadi demam Asian Games.

Diakui orang nomor satu di Sumsel ini, kini bukan waktunya lagi bicara tentang kesiapan venue karena memang sudah harus siap. Terpenting apakah rakyat Indonesia tahu tentang Asian Games, apa tujuan dan manfaatnya. Hal tersebut sesuai instruksi Presiden Joko Widodo pada rapat terbatas persiapan Asian Games di Istana Bogor belum lama ini.

“Itu barangkali yang harus kita lakukan sekarang. Bukan lagi cerita soal perbaikan jalan, trotoar, dan lainnya,” ujar Alex saat menjadi narasumber pada acara Ngobrol @Tempo, Road to Asian Games XVIII tahun 2018 yang diselenggarakan PT Tempo Inti Media Tbk, di Hotel Le’Meridien Jakarta, Rabu (2/5).

Menurut pelopor berobat dan sekolah gratis ini, peran semua unsur media sangat penting untuk menyosialisasikan, mempromosikan, menggaungkan, dan mendemamkan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games tahun ini.

Baca:  Alex Noerdin Minta Jaga Inflasi

“Insya Allah semua sudah siap, selesai tepat waktu. Kalau Palembang, Sumsel sendiri sudah demam Asian Games. Kita keliling ke kabupaten/kota atau masyarakatnya kita tarik ke Palembang dan kita berikan sosialisasi Asian Games, kita berikan pengertian dan beri tahu apa itu Asian Games, apa manfaat dan tujuannya,” jelas Alex.

Ditambahkan mantan Bupati Musi Banyuasin dua periode ini, masih banyak yang belum mengetahui kenapa Palembang menjadi tuan rumah Asian Games. Utamanya adalah karena Sumsel memiliki tiga syarat utama menjadi tuan rumah Asian Games.

Pertama, kata Alex, kondusivitas wilayah Sumsel yang dikenal zero konflik, tidak boleh terjadi kerusuhan antar-etnis dan antar-umat beragama. Sebagai simbol kerukunan tersebut dibangun enam rumah ibadah dari enam agama yang diakui pemerintah, dibangun di komplek olahraga Jakabaring.

Kedua, sambung Alex, Sumsel berpengalaman menyelenggarakan event olahraga internasional terhitung sejak tahun 2011 sampai saat ini sebanyak 46 kali sport event internasional diselenggarakan di Palembang, Provinsi Sumsel.

Ketiga, masih dikatakan Alex, Sumsel memiliki fasilitas olahraga di Jakabaring Sport City dengan 20 venue olahraga standar internasional, terpusat, di tengah Kota Palembang, dan memiliki lima akses menuju lokasi.

“Asian Games mempersatukan bangsa Indonesia dengan cara olahraga. Tinggal 107 hari lagi, ini kesempatan sekali seumur hidup kita karena 62 tahun lagi Asian Games kembali di Indonesia,” tambah Alex.

Baca:  Alex Noerdin Minta Berliana Promosikan Asian Games

Acara tersebut bertujuan untuk mengetahui sejauh mana upaya yang dilaksanakan dalam persiapan pelaksanaan Asian Games. Hadir juga narasumber, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahwari, Dirjen Cipta Karya, Kementerian PUPR Sri Hartoyo, Staf Ahli Menteri Bidang Hukum dan Reformasi Birokrasi Perhubungan Umar Aris, dan Ketua Inasgoc Erick Thohir.

Di tempat sama, Kapolri Jenderal Tito Karnavian menceritakan tentang arahan Presiden Jokowi yang mengatakan demam Asian Games di masyarakat belum terjadi padahal event ini sebentar lagi. Keluhan Presiden itu sudah dijelaskan Gubernur Alex bahwa di Palembang, Provinsi Sumsel demam Asian Games sudah sangat terasa.

“Kalau di Palembang sudah demam Asian Games, itu betul karena itu kampung halaman saya, keluarga saya banyak disana jadi saya tahu sekali,” ujar Kapolri Tito.

Ia menambahkan, tentang pengamanan selama pelaksanaan Asian Games dari di kaca mata Polri harusnya menjadi pendingin bagi kehangatan politik di Indonesia. Selama even olahraga bangsa Asia itu, akan dilaksanakan operasi Among Raja melibatkan 36.00 lebih TNI dan Polri sejak 18 Agustus-2 September 2018.

Baca:  Alex Noerdin Sambangi Istana Bogor, Bahas Progres Asian Games

“Pengamanan di Palembang sudah siap karena terpusat di satu lokasi Jakabaring. Insya Allah Palembang aman, yang menjadi kekhawatiran kita justru di Jakarta karena hari kerja kita tahu Jakarta macet,” ungkapnya.

Ditambahkan Staf Ahli Menteri Bidang Hukum dan Reformasi Birokrasi Perhubungan Umar Aris, pihaknya sudah mempersiapkan berbagai langkah antisipasi mengenai transportasi atlet di antaranya dengan menyiapkan sewa operasional shuttle bus 250 unit.

“Untuk transportasi lainnya seperti LRT di Jakarta dalam posisi progres fisik 70 persen, siap operasi Agustus. Sementara LRT Sumsel progres fisik sudah mencapai 89.9 persen, Juni siap operasi,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Inasgoc Erick Thohir menjelaskan, Asian Games akan diikuti 45 Negara dan dihadiri 15.000 atlet, 5.000 media, 30.000 volunteer. Bahkan, pelaksanaan Asian Games nanti akan disiarkan secara langsung ke berbagai negara dan pertama kalinya Asian Games disiarkan hingga Amerika Latin.

“Dampak Asian Games ini banyak sekali mulai dari promosi visit Indonesia di mata dunia, promosi budaya, kemudian Infrastruktur dan SDM, pembangunan karakter bangsa, persatuan, kebersihan, penggunaan kendaraan umum dan lainnya. Kemudian dampak ekonomi baik di bidang pariwisata, lapangan kerja dan investasi,” pungkasnya. #rio

 

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Fraksi PAN DPRD Sumsel Ingatkan Soal Bahaya Banjir dan Longsor di Sumsel

Palembang, BP Sekretaris  Fraksi PAN DPRD Sumatera Selatan (Sumsel) , Mardiansyah SHI MH mengingatkan kepada Pemerintah Provinsi Sumsel dan pemerintah ...