Home / Headline / Dua Aksi May Day Di Palembang Di Kawal Aparat

Dua Aksi May Day Di Palembang Di Kawal Aparat

BP/IST
Polisi saat melakukan persiapan pengamanan may day di kota Palembang, Selasa (1/5)

Palembang, BP

Aksi Unjuk Rasa Serikat Buruh / Pekerja dalam memperingati Hari Buruh Internasional (May day) Tahun 2018 di Kota Palembang, Selasa (1/5) berlangsung lancar.
Dimana sebelum melakukan pengamanan telah dilaskanakan Apel Kesiapan pengamanan Aksi Unjuk Rasa dalam Memperingati Hari Buruh Internasional (May Day) bertempat di Pelataran Benteng Kuto Besak Palembang.
Apel kesiapan pengamanan dipimpin oleh Kapolresta Palembang Kombes Pol Wahyu Bintono HB, S.IK, SH, MH.
Kapolresta Palembang mengatakan,  hari buruh sedunia dilaksanakan diseluruh Kota di Indonesia dan di dunia, May day identik dengan kegiatan yang positif.
“ Mari kita maknai may day dengan kegiataan perayaan, Penyampaian pendapat di muka umum merupakan hak bagi setiap warga negara yang dilindungi oleh Undang-Undang dan Polri merupakan alat negara yang memberikan pelayanan pengamanan bagi pengunjuk rasa dan masyarakat yang melintas disekitar tempat kegiatan aksi, dalam memperingati May Day di Kota Palembang ada 2 (dua) Serikat pekerja yang akan melaksanakan aksi yaitu SBSI akan melakukan aksi di simpang lima DPRD Sumsel dan KASBI bertempat di Monepera,” katanya.
Turut hadir Karo Ops Polda Sumsel Kombes Pol. Drs. Bambang Suminto, SH, Danlanal Palembang Kol. Laut (P) Dwi Prasetyo Rahendro Nugroho, Dandim 0418 Palembang Letkol Inf. Honi Havana M, MDS, PJU Polresta Palembang dan Personil TNI-Polri yang melaksanakan pengamanan May Day.
Sedangkan Serikat Buruh / Pekerja yang melaksanakan Aksi Unjuk Rasa dari Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) KORWIL Sumsel bertempat di Simpang Lima DPRD (Simpang Kampus) Jalan Kapten A Rivai Palembang dan Kantor DPRD Provinsi Sumsel dengan jumlah massa lebih kurang 250 orang dengan perlengkapan 1 unit Mobil Komando dilengkapi dengan sound system, 100 unit sepeda motor, bendera organisasi, megaphone, selembaran, pamplet dan spanduk.
Dan pukul 09.00 kegiatan aksi unjuk rasa di mulai dengan perayaan HUT SBSI ke-26 dengan pemotongan dan penyerahan nasi tumpeng kepada perwakilan Kepolisian, TNI dan Media.
Dan pukul 10.45, Kapolda Sumsel dan Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumsel Yansuri didampingi Kapolresta Palembang, Dandim 0418 Palembang dan Kadisnaker Provinsi Sumsel menemui para pengunjuk rasa dan melakukan kegiatan pemotongan dan penyerahan nasi tumpeng kepada Pimpinan Serikat SBSI dan SPSI 1973.
Pukul 11.00 Kegiatan aksi unjuk rasa dilanjutkan dengan Lomba Orasi antar PK SBSI Korwil Sumsel.
Selain itu peringatan May Day juga dilaksanakan Konfederasi Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) Sumsel di Monpera Palembang.
Dalam aksi Unras dari Kasbi bertindak selaku Koraks sdr. M. Hadi Irwanto, Korlap Saiful Mukminin Kasbi Banyuasin Cerah Buana (Humas Kasbi), Dody Aryanto dengan jumlah massa berjumlah lebih kurang 3.000 orang serta membawa perlengkapan aksi berupa 1 unit mobil komando dilengkapi sound system, Bendera Kasbi, selebaran, pengeras suara, pamlet dan spanduk.
Massa aksi melakukan persiapan aksi didepan Halaman depan Dermaga Convention Centre kemudian melakukan longmarch menuju ke halaman Monpera.
Pukul 10.55 Massa aksi tiba dihalaman Monpera Palembang kemudian langsung memulai aksinya dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Kasbi lalu Tugiran mengucapkan sumpah buruh.
Dody dalam orasinya menilai kaum buruh dan rakyat Indonesia bukannya masih sejahtera namun semakin sengsara, harga kebutuhan pokok semakin mahal akibat diprivatisasi dan pencabutan subsidi.
“Kita juga kaum buruh juga selalu terancam dengan PHK karena dipraktekannya sistem kerja kontrak, outsourching dan pemagangan serta dimudahkannya PHK. Politik upah murah kembali dipraktekkan dengan diberlakukannya PP 78 tahun 2015 dan banyak buruh yang dibayar dibawah UMK dengan diberlakukannya Upah Padat Karya berdasarkan Inpres No.9 tahun 2013 dan dimungkinkannya penangguhan upah dengan Kepmen 231 tahun 2003,” katanya.
Dan pukul 11.45 Kapolda Sumsel didampingi oleh PJU Polda Sumsel, Kadisnakertrans Sumsel, Kapolresta Palembang, Danlanal Palembang, Dandim 0418 Palembang tiba di Monpera.
Kapolda mengucapkan Selamat Hari Buruh Internasional (May Day) dan apa yang menjadi asprisiasi yang berkaitan dengan Polri akan diterima serta akan disampaikan ke pusat.
Selanjutnya dilanjutkan pemotongan tumpeng oleh Kapolda Sumsel dan diberikan Kepada Dody sebagai bentuk memberikan selamat merayakan May Day.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Lagi, Pasien Terpapar Covid-19 di OKU Bertambah 37 Orang

Baturaja, BP–Jurubicara Satgas Covid-19 Kabupaten OKU, Rozali, kembali menginformasikan update data kemarin hingga hari ini, Rabu (3/6/2020), sampai pukul 10.00 ...