Home / Pemerintahan / Medan Menjadi Tempat Festival Konstitusi dan Antikorupsi

Medan Menjadi Tempat Festival Konstitusi dan Antikorupsi

Jakarta, BP–Ketua MPR Zulkifli Hasan mengatakan, MPR, MA (Mahkamakah Konstitusi), KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan USU (Universitas Sumatera Utara) akan menyelenggarakan Festival Konstitusi dan Antikorupsi ke 3 di Medan 14-15 Mei.

“Festival ini sudah berlangsung sejak tiga tahun lalu sebagai momentum bagi bangsa Indonesia untuk memahami dan sadar terkait aturan dasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia,” ujar Zulkifli kepada sejumlah wartawan di Gedung MPR Jakarta, Jumat (28/4).

Baca:  Biro Pemberitaan MPR Minta Dukungan Media

MPR sebagai lembaga negara yang berwenang mengubah dan menetapkan konstitusi kata Zulkifli,  memiliki peran strategis untuk memberikan pemahaman kepada seluruh masyarakat Indonesia terkait dengan aturan dasar yaitu Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Menurut Zulkifli, kalau dilihat dari aspek waktu sejak MPR mengeluarkan TAP Nomor XI tahun 1998 upaya pemberantasan dan pencegahan korupsi sekitar 20 tahun dilakukan di Indonesia.

Baca:  Ketua MPR Dukung Aktivitas Pemuda Diaspora

Dikatakan, sampai saat ini lebih dari 300 kepala daerah tersangkut korupsi, belum lagi kalangan legislatif dan eksekuti yang tertangkap tangan KPK.

“Melihat kondisi ini upaya penegakan dan pemberantasan harus bersifat komprehensif sehingga tidak hanya mengedepankan upaya paksa melalui OTT dan penangkapan, namun perlu dilakukan perbaikan sistem di Indonesia,”  Jelasnya.

Ketua KPK Agus Rahardo menandaskan, Festival Konstitusi dan Antikorupsi  perlu dilakukan di sejumlah wilayah agar masyarakat bisa memahami konstitusi dan dampak korupsi. “KPK tidak hanya memberantas namun berupaya melakukan pencegahan korupsi  hingga ke daerah,” kata Agus seraya menambahkan, untuk memberntas dan mencegah korupsi, KPK tidak mungkin kerja sendiri tanpa bantuan dan kerjasama semua pihak. #duk

Baca:  Perbedaan Merupakan Anugerah dan Menjadi Kekuatan

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

THR ASN Sedot Paling Banyak Belanja Pegawai

Palembang, BP — Belanja pegawai menjadi sektor pengeluaran yang berhasil merealisasikan ‘menyedot’ penyerapan terbesar pada Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) pada ...