Home / Pendidikan / SMA Unggul Negeri 4 Palembang Bidik 80 Persen Lulusan Masuk PTN

SMA Unggul Negeri 4 Palembang Bidik 80 Persen Lulusan Masuk PTN ---Pelepasan Siswa SMA Unggul Negeri 4 Palembang---

PELEPASAN: Suasana pelepasan siswa kelas XII SMA unggul Negeri 4 Palembang di Gedung Ogan Pertamina Palembang, Kamis (26/4).

Sebagai salah satu SMA unggulan di Sumatera Selatan, SMA unggul Negeri 4 Palembang terus meningkatkan kualitas lulusan dari tahun ke tahun. Malahan, kelulusan tahun ini dibidik akan terserap 80 persen masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Nasional di Indonesia.

Palembang, BP

Benar saja, memasuki Seleksi Masuk Nasional Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sebanyak 34 lulusan tembus secara nasional tanpa tes. Mulai dari diterima di intitite Teknologi Bandung (ITB), Universitas Sriwijaya (Unsri), Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri) dan sejumlah PTN Nasional bergengsi lainnya.

“Ya, kita memang mendorong lulusan terus meningkat dan berkualitas. Tahun kemarin tembus 75 persen masuk ITB dan tahun ini tak usah muluk-muluk yaitu target 80 persen. Seperti minggu kemarin sudah banyak yang masuk kewat jalur SNMPTN baik di ITB, UNsei mauoun PTN Nasional lain,”ujar Kepala SMA unggul Negeri 4 Palembang Drs Risman MSi disela-sela Pelepasan Siswa Kelas XII di Gedung Ogan Pertamina Palembang, Kamis (26/4).

Lanjut Risman, bahwa kualitas sekolah gratis yang saat ini berjalan dan terus meluluskan para lulusan di Sumsel harus terus diimbangi dengan peningkatan kualitas pendidikan siswa. Dan tahun ini SMA unggul Negeri 4 Palembang melulusakan 276 siswa. Sehingga pada gilirannya mampu berkompetisi secara nasional maupun Internasional dalam membidik PTN bergengsi.

“Termasuk SMA unggul Negeri 4 Palembang kita akan mengupayakan untuk menganut sistem kurikullum dunia yang disebut kurikullum cambridge. Target kita secepatnya bisa terealisasi,”harapnya.

Menurutnya, sistem kurikullum cambridge memang diakui sangat berpengaruh pada kualitas wawasan hingga Internasional. Namun demikian, diakui harus berkordinasi dengan wali murid. Pasalnya, mayoritas wali murid SMA unggul Negeri 4 dari kalangan menengah kebawah.

“Target kita, ya minimal dua kelas lah. Tapi kita siapkan dulu untuk berkordinasi ke wali murid,”jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Pengawas dan Pembina SMA unggul Negeri 4 Palembang Drs H Rialdy MSi menyampaikan kebanggaannya bahwa lulusan bisa menembus sektor nasional dalam membidik PTN bergengsi. “Apalagi sudah ada yang diterima di ITB, tentu ini kebanggaan dan perlu ditingkatkan lagi,”jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Drs Widodo MPd mengaku apresiasi dengan lulusan yang diciptakan oleh SMA unggul Negeri 4 Palembang yang terus mengalami akselerasi. Prestasi ini menurutnya bisa menjadi contoh bagi sekolah lain bagaimana lulusan bisa berkompetisi dengan PTN bergengsi secara nasional.

“Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan terus mengagendakan dan fokus dengan Program Sekolah Gratis (PSG) yang sudah berjalan. Seiring dengan itu, PSG akan terus ditingkatkan kualitasnya hingga anak-anak Sumsel termasuk SMA unggul Negeri 4 Palembang kelak bisa mengisi Pergurun Tinggi di dunia,”pungkasnya. #sug

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Muhammadiyah Tetapkan Idul Adha 22 Agustus

Palembang, BP Pimpinan Pusat Muhammadiyah akhirnya menetapkan bahwa perayaan Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriah jatuh pada hari Rabu 22 ...