Home / Headline / KPU Sumsel Minta Dukcapil Berikan Suket Kepada Warga Belum Memiliki E KTP

KPU Sumsel Minta Dukcapil Berikan Suket Kepada Warga Belum Memiliki E KTP

BP/IST
Ahmad Naafi

Palembang, BP

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel meminta Dinas Pendudukan Catatan Sipil (Dukcapil) setempat untuk segera memberikan Surat Keterangan (Suket) kepada masyarakat yang belum memiliki E-KTP.
Hal ini untuk warga dapat menyalurkan hak suaranya pada hari H pemungutan suara 27 Juni mendatang.

Komisioner KPU Sumsel, A Naafi mengatakan, total daftar pemilih tetap pilgub Sumsel yakni 5.791.956. Namun angka tersebut akan mengalami penambahan mengingat masih banyak masyarakat yang belum masuk dalam DPT lantaran belum memiliki E KTP.

Baca:  Anggota PPK, PPS, dan KPPS Tak Boleh Dua Periode

“Untuk pemilih yang belum masuk dalam DPT nantinya akan masuk dalam DPTB (Daftar Pemilih Tambahan) yang sudah kita susun berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil agar Suket bisa segera dikeluarkan terhadap penduduk yang telah mengisi form yang belum memiliki E KTP dan belum melaksanakan perekaman,” kata Naafi, Selasa (24/4).
Selain itu Dukcapil agar segera mengakomodir penduduk yang belum memiliki E KTP tersebut untuk melakukan perekemanan dan mendapatkan Suket dari Dukacapil setempat sebagai syarat memilih.
“Warga yang memiliki suket ini nantinya akan masuk dalam DPTB,” katanya.
Pemilih yang masuk dalam DPTB diberikan waktu 1 jam untuk menyalurkan hak suara setelah pemilih yang masuk dalam DPT tuntas menyalurkan hak suaranya.
“Pemilih yang masuk dalam DPTB akan diberi kesempatan 1 jam sebelum pemungutan suara berakhir. Jadi 1 jam setelah pemungutan. Dari pukul 12. 00 sampai jam 13.00. Tapi kalau pemilih sudah melaksanakan haknya, bisa memilih lebih awal dengan menujukkan Suket” katanya.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

DPRD Sumsel Minta Inventarisir Ulang Lahan Pemprov Yang di BOT

Palembang, BP   Juru bicara Fraksi PDI Perjuangan HA Syarnubi SP MM meminta perhatian pemprov melalui BPKAD bidang aset untuk ...