Home / Headline / Merekam Jejak Calon DPD RI Asal Sumsel

Merekam Jejak Calon DPD RI Asal Sumsel

BP/IST
Bagindo Togar BB

Palembang, BP

Masyarakat calon pemilih di Sumatera Selatan mulai bersiap untuk mengamati, dan menilai rekam jejak para bakal calon senator atau anggota DPD RI. Sebab, keberadaan para wakil rakyat tersebut sangat penting, untuk mendorong proses pembangunan di Sumsel.

Hal itu dikatakan pengamat sosial dan politik Palembang, Bagindo Togar BB, minggu (22/4). Menurut Bagindo, saat ini KPU mulai menerima penyerahan dukungan, yang nantinya akan di verifikasi secara langsung.

Baca:  Orasi Politik Jokowi, Ajak Masyarakat Sumsel Jangan Golput Hingga Tol Trans Sumatera

“Artinya rekam jejak, ketokohan dan kwalitas personal para calon DPD murni dinilai oleh masyarakat luas,” tegas Bagindo yang juga ketua Forum Demokrasi Sriwijaya (ForDeS) Sumsel ini .

Dia menjelaskan, publik dituntut ultra kritis dan komprehensif dalam menentukan pilihan bagi calon wakilnya sebagai anggota DPD RI. Masyarakat luas harus melihat berbagai aspek personal calon DPD RI tersebut.

Baca:  Battle Of Palembang, Kisah Penyerangan Pasukan Jepang Di Kilang Minyak Plaju

“Selain rekam jejak politiknya, calon-calon ini harus diteliti lebih jauh bagaimana pendidikannya, moralitasnya, komitmen politik kerakyatannya. Agar saat ditetapkan sebagai calon, para anggota DPD RI adalah orang-orang terbaik,” katanya.

Dalam proses penyerahan dukungan bagi anggota DPD RI, tambah Bagindo, sistem aplikasi e-KTP bakal menolak data ganda dari para pendukung calon. Namun, hal itu belum tentu terintegrasi secara penuh dengan disdukcapil masing-masing daerah.

Baca:  Askolani-Slamet Unggul Di Pilkada Banyuasin

“Artinya penyelenggara juga harus menyiapkan petugas,instrumen dan regulasi yang saling mensupport. Bila ada temuan data pemilih ganda. Penyelenggara harus menutup ruang kompromi dengan melibatkan Bawaslu secara permanen,” katanya.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Prabowo Gugat ke MK Jika Hasil Hitung KPU Tidak Memenangkan Dirinya

Jakarta, BP — Jurubicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Andre Rosiade, membuka kemungkinan pihaknya menggugat ke Mahkamah Konstitusi ...