Home / Pemerintahan / DPR Berharap Polri Terlibat Aktif Telusuri Penyebab Pipa Minyak Mentah Patah

DPR Berharap Polri Terlibat Aktif Telusuri Penyebab Pipa Minyak Mentah Patah

Anggota Komisi VII DPR Mukhtar Tompo

Jakarta, BP–Anggota Komisi VII DPR Mukhtar Tompo berharap pihak kepolisian, TNI, dan BIN  terlibat aktif mengkaji peristiwa patahnya pipa penyalur minyak mentah milik Pertamina di perairan Kalimantan Timur yang mengakibatkan kobocoran minyak. Soalnya, ada dugaan patahnya pipa tersebut ditabrak kapal asing.

“Pertamina belum tentu bersalah, namun mereka telah bekerja keras mengurangi polusi di sekitar wilayah laut tersebut. Bisa jadi Pertamina yang menjadi korban. Kebocoran minyak  ini berpotensi mengancam kedaulatan energi nasional. Apalagi terdapat indikasi penyebab bocornya pipa itu akibat ulah kapal asing yang memang telah mengincar sumber daya alam maupun pasar Indonesia,” ujar Mukhtar Tompo, di ruangan wartawan DPR Jakarta, Rabu 18/4/2018).

Baca:  Perpu Ormas Dibahas di Paripurna DPR 24 Oktober

Menurut Muchtar, penyebab pipa patah mengarah pada kapal MV Ever Judger yang mengangkut 22 awak berkebangsaan China. Kapal tersebut memasuki perairan Indonesia  30 Maret 2018 sekitar pukul 22.30 WITA dan berhenti tepat di posisi pipa yang patah.

“Saya meminta aparat penegak hukum menelusuri kepemilikan kapal MV Ever Judger untuk kepentingan proses hukum, temasuk menyelidiki dugaan rekayasa atau pengerusakan dengan sengaja,” kata Tompo.

Baca:  RUU PPDLN Titikberatkan Perlindungan Pekerja

Kepada pihak Pertamina, dia meminta untuk melakukan pembaruan sistem monitoring dan pengawasan obyek vitalnya dengan menerapkan teknologi kekinian. “Kementerian ESDM perlu menerapkan pangawasan pipa bawah laut, utamanya di daerah terlarang sebagaimana diatur peraturan perundang-undangan,” paparnya. #duk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Parkir di Bandara SMB II, Lebih Paraktis Pakai e-Money

Palembang, BP Bank Mandiri bekerja sama PT Angkasa Pura 2 meningkatkan kemudahan bagi pengguna Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) ll ...