Home / Headline / Diangkut Malam Hari Pakai Trailer, Gerbong LRT ‘Launching’ 20 April

Diangkut Malam Hari Pakai Trailer, Gerbong LRT ‘Launching’ 20 April

Gerbong LRT Sumsel yang masih dibungkus di Boom Baru. foto: antara

Palembang, BP–Kereta light rail transit (LRT) Sumatera Selatan, yang saat ini rangkaiannya masih berada di Pelabuhan Boom Baru Palembang, merupakan moda transportasi baru di Bumi Sriwijaya, bahkan di Indonesia. Untuk itu, Pemerintah Provinsi Sumsel akan melakukan launching LRT Sumsel.

Launching dijadwalkan pada 20 April 2018 di Pelabuhan Boom Baru. Usai acara tersebut direncanakan dua rangkaian kereta dengan total sebanyak enam gerbong LRT itu akan diangkut dari Boom Baru menuju Depo Jakabaring pada malam hari. Kemungkinan akan menggunakan multi axle trailer.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Proyek LRT Sumsel Suranto mengatakan, rencananya rangkaian kereta tersebut akan diangkut ke Depo Jakabaring menggunakan trailer. Diangkut pada malam hari melewati Jembatan Musi II.

Baca:  Polisi Periksa Enam Pekerja LRT

“Satu gerbong itu nantinya diangkut pakai satu truk trailer dan saat ini sudah kita siapkan untuk dibawa ke Depo Jakabaring. Nanti diangkut melewati Jembatan Musi II dikarenakan beban satu kereta terlalu besar jika melewati Jembatan Ampera,” ujar Suranto, Senin (16/4).

Dikatakan dia, usai dibawa ke Depo Jakabaring barulah akan dilakukan test and commitioning untuk memastikan sistem, baik prasarana maupun sarananya berjalan baik. Untuk tes itu tentunya tidak dilakukan di sepanjang jalur LRT mulai dari Depo hingga ke Bandara SMB II, melainkan hanya dua stasiun terlebih dahulu yang disinggahi, yakni  Stasiun OPI Mall dan Stasiun Jakabaring.

Baca:  Alex Sudah Ingatkan Warga Jangan Huni Lokasi LRT

Dari hasil pertama itu, sambung dia, baru akan dilakukan uji coba selanjutnya, yakni sampai Stasiun SMB II Palembang. Untuk menyinggahi hingga 13 Stasiun LRT ditargetkan pihaknya akan selesai sebelum akhir Juni 2018 mendatang.

“Jadi itu dilakukan untuk menyesuaikan sistem yang ada di rel maupun di kereta. Baik rel maupun keretanya menjadi teknologi yang pertama kali di Indonesia. Line atau jalur dibangun oleh PT Waskita dan kereta dibangun oleh PT INKA. Sehingga perlu waktu untuk uji coba agar bisa matching,” tambah dia.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumsel Nasrun Umar mengatakan, LRT merupakan moda transportasi yang modern dan juga merupakan satu moda yang baru untuk masyarakat Sumsel. Sehingga rencananya akan diadakan launching rangkaian kereta LRT pada 20 April mendatang, di Pelabuhan Boom Baru.

Baca:  Rel LRT Palembang Tinggal 3 Km Lagi

“Nanti akan dilakukan dengan upacara penerimaan atau launching dengan mengundang beberapa instansi, terutama dari Kementerian Perhubungan direncanakan Insya Allah Pak Menteri akan hadir akan menerima rangkaian kereta LRT ini,” kata Nasrun.

Menurut Nasrun, kedatangan dua rangkaian kereta tersebut berarti menyisakan 6 rangkaian kereta lagi dari total 8 rangkaian kereta yang akan dioperasionalkan untuk melayani masyarakat Sumsel. Sisanya pun akan dikirim menyusul secara bertahap.

“Kemungkinan perkiraannya di akhir Mei atau paling lambat pada Juni mendatang semua 8 rangkaian kereta itu sudah ada di Kota Palembang,” tutupnya. #rio

 

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Alex Noerdin Bersama Dodi Reza Alex “Akrab “Dengan SO

Palembang, BP Dihari kedua Idul Fitri, Sabtu (16/6), Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Alex Noerdin masih menggelar kegiatan Open House ...