Home / Headline / Bentuk Tim Terpadu, Muba Menuju Kabupaten UHC 2019

Bentuk Tim Terpadu, Muba Menuju Kabupaten UHC 2019

Rapat forum kemitraan Kabupaten Muba membahas pelayanan kesehatan menjelang UHC dalam wilayah Muba bersama Perangkat Daerah Muba dan BPJS Cabang Palembang, di Ruang Rapat Randik Pemkab Muba, Rabu (11/4/2018).

Sekayu, BP–Asisten I Sekretariat Daerah Kabupaten Musi Banyuasin H Rusli, SP, MM menghimbau untuk membentuk tim terpadu yang terdiri dari beberapa Perangkat Daerah Muba terkait dan Badan Usaha dalam mewujudkan Universal Healt Coverage (UHC) di Bumi Serasan Sekate.

Hal tersebut diutarakan Asisten I saat memimpin rapat forum kemitraan Kabupaten Muba guna membahas pelayanan kesehatan menjelang UHC dalam wilayah Muba bersama Perangkat Daerah Muba dan BPJS Cabang Palembang, di Ruang Rapat Randik Pemkab Muba, Rabu (11/4/2018).
Makna UHC sendiri adalah 95% penduduk di satu wilayah telah menjadi peserta program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).
“Kita bentuk tim nanti yang terdiri dari perangkat daerah dan badan usaha, untuk merangkul para pegawai atau karyawannya menjadi peserta jaminan kesehatan,” ujar Rusli.
Lanjut Asisten I langkah tersebut merupakan komitmen Pemkab Muba dalam mendukung tercapainya UCH pada awal tahun 2019 mendatang.
Plh Kepala Cabang BPJS Kesehatan Cabang Palembang dr Andi Ashar AAK mengungkapkan arah kebijakan dan strategi nasional yakni meningkatkan presentase penduduk yang menjadi peserta jaminan kesehatan melalui sistem jaminan sosial nasional (SJSN) bidang kesehatan, minimal mencakup 95% pada tahun 2019. Dimana per 1 Februari 2018 secara nasional jumlah peserta jaminan kesehatan mencaai 73,86% dari jumlah penduduk yakni 192.029.645 jiwa.
Untuk persentase peserta di Muba mencapai 46,56% dari total jumlah penduduk atau total peserta 308,722 jiwa yang terdaftar sebagai peserta aktif sampai dengan bulan Maret 2018.
“Untuk membangun dan mewujudkan Indonesia yang lebih sehat, seluruh penduduk diharapkan dapat aktif bergotong royong mensukseskan program JKN-KIS,” kata Andi.#arf
Baca:  Pertama di Sumsel, Muba Terangi Warga Gunakan PLTMG
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Pertempuran Untuk Sumatra

PENAKLUKAN  Jepang atas Sumatera terjadi dalam dua fase: pada pertengahan Februari 1942 Sumatera Selatan , diikuti pada bulan Maret oleh ...