Home / Headline / Jembatan Musi IV Tanpa Jalan Akses Pendekat

Jembatan Musi IV Tanpa Jalan Akses Pendekat Terkendala Pembebasan Lahan

merdekanews.com

Palembang, BP–Belum juga menemukan titik terang untuk pembebasan lahan Jembatan Musi IV yang tengah dibangun, khususnya di kawasan Seberang Ulu. Tentu, saat jembatan yang menghubungkan Seberang Ilir dan Seberang Ulu tersebut selesai dibangun, di kawasan tersebut akan beroperasi tanpa jalan akses pendekat.

Kepala Satker Pelaksana Jalan Metropolis Yudian Budi Khrisna melalui Asisten Pelaksana Arkiyansyah mengatakan, lahan yang belum dibebaskan seluas 874 meter, dimana lahan tersebut merupakan untuk jalan akses antara Jalan Azhari ke Jalan Ahmad Yani. Untuk akses tersebut dibutuhkan dana sebesar Rp200 miliar.
“Pagu Pemerintah Provinsi Sumsel tak ada untuk akses jalan pendekat itu, karena kebutuhan pembebasan lahan Rp200 miliar,” ujar Arkiyansyah, Sabtu (31/3).
Dengan begitu, kata dia, belum dibebaskannya lahan tersebut maka akan berdampak pada operasional Jembatan Musi IV itu sendiri. Mengingat, jembatan tersebut itu nantinya akan memiliki jalan empat lajur bertemu dengan jalan dua lajur.
“Jadi operasional jembatan ini tidak optimal, bahkan bisa saja terjadi kemacetan di atas jembatan dan juga kemacetan menuju jembatan ini,” jelasnya.
Dia juga mengungkapkan, meskipun jika Pemprov Sumsel mendapat bantuan dana untuk pembebasan lahan yang rencananya akan digunakan sebagai jalan akses pendekat tersebut, tentu kontraktor pun tetap tak akan sanggup mengerjakannya.
“Ya kalau memang provinsi dapat bantuan dalam pembebasan lahan di Seberang Ulu itu, kontraktor tetap tak sanggup mengerjakannya apalagi jika harus selesai sebelum Asian Games tahun ini,” tuturnya.
Untuk progres sendiri, sambung Arkiyansyah, sejauh ini pembangunan jembatan Musi IV sudah mencapai di angka sekitar 75 persen. Artinya masih tersisa 25 persen dan sisa pengerjaan untuk jembatan saja pihaknya optimis dapat selesai sampai Agustus mendatang.
“Saat ini kita masih mengerjakan di sekitar Sungai Musi. Dimana saat ini dalam pengecoran girder atau bentang tengah dan beberapa pengerjaan lainnya,” ungkapnya.
Nantinya, lanjut dia, jembatan Musi IV ini juga menerapkan sistem keamanan Structural Health Monitoring System (SHMS) atau sensor yang berfungsi untuk mendeteksi beban dan kerusakan jembatan. Alat sensor ini sendiri rencananya ditempatkan sebanyak 22 titik disetiap sudut jembatan.
“Kami targetkan pembangunan jembatan Musi IV ini selesai sebelum Asian Games mendatang,” pungkasnya. #rio
Baca:  Kontrak Pembangunan Musi IV Terancam Dipangkas Rp35 Miliar
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Alex Noerdin dan Ishak Mekki Harus Mundur Jabatan Untuk Maju di DPR RI

Palembang, BP Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah menetapkan waktu pengajuan daftar calon anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota pada ...