Home / Palembang / Pasar Ikan Modern Tahap Tender

Pasar Ikan Modern Tahap Tender Selesai Akhir 2018

Pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan sedang meninjau lokasi pembangunan Pasar Ikan Modern di Ilir Timur Tiga.

Palembang, BP — Pasar Ikan Modern yang yang dibangun oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah disiapkan lahannya di Kecamatan Ilir Timur Tiga atau tidak jauh dari JM Kenten. Super market khusus ikan ini juga nantinya akan dijadikan tempat hang out.

Inspektur Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Muhammad Yusuf mengatakan, setelah meninjau lokasi yang akan digunakan untuk pembangunan, pihaknya setuju jika supermarket khusus ikan itu setidaknya bulan depan mulai pengerjaan fisik.

“Di lahan ini masi ada perkantoran Satpol PP. Lahan ini bagus karena mudah diakses dan cukup strategis. Kita inginnya lahan clear dan tidak ada masalah. Sebab, saat ini sudah mulai tender,” katanya usai meninjau lahan pembangunan Pasar Ikan Modern, Kamis (29/3).

Pasar ikan ini nantinya akan menjadi yang pertama di Indonesia selain yang saat ini sedang progress penjajakan Jakarta dan Bandung. Dibangun tiga lantai, tempat ini tidak hanya untuk belanja ikan saja, tetapi juga tempat keluarga menghabiskan waktu di restoran di lantai tiga pasar ini.

“Lantai 1 kita buat untuk dagangan ikan segar, lantai 2 untuk olahan dan lantai 3 restoran,” katanya.

Ia tidak menampik jika pembangunan pasar khusus ikan membutuhkan lahan yang luas. Untuk mewujudkan supermarket khusus ikan itu, perlu lahan setidaknya 3000 meter persegi. Dibutuhkannya lahan luas sebab akan ditempatkan klostorit atau mesin pendingin ikan dengan kapasitas 100-200 ton.

Pembangunan dengan nilai investasi mencapai Rp30 miliar ini, dinilai pihaknya akan dapat bermanfaat untuk masyarakat dan perekonomian Palembang serta mengurangi pengangguran. “Jika lelang cepat selesai, setidaknya bulan depan mulai dikerjakan, akhir tahun ini selesai dan diresmikan,” jelasnya.

Lantaran Palembang terkenal dengan kuliner dari bahan baku ikan, maka disayangkan jika akses penjualan ikan tidak memadai. Maka, KKP juga berencana akan membangun pelabuhan di Jakabaring. Terutama pasar pelelangan ikan ada di Jakabaring. “Kita akan buat pelabuhan di Jakabaring, agar akses datangnya ikan ke tempat pelelangan lebih mudah,” ujarnya.

Kepala Dinas Perikanan Kota Palembang Avrizal Hasyim mengatakan, Pasar ikan modern dengan konsep supermarket ini dikhususkan bagi ikan air tawar dan laut. Pasar ini akan dihilangkan dari image pasar ikan yang kotor dan bau. Sehingga pihaknya akan memberikan arahan kepada pengelola pasar nantinya agar pasar tetap bersih.

Selain itu yang terpenting, para pedagang ikan juga akan disosialisasi bagaimana mengolah ikan agar tetap beraih dan segar. “Lokasi saat ini masih ada kantor Satpol PP, nantinya akan berkoordinasi dengan pemkot juga untuk kepindahannya,” katanya. #pit

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Tambah Mobil Crane Untuk Perbaikan Lampu Jalan

Palembang, BP — Mobil crane yang dimiliki saat ini untuk perbaikan lampu jalan dan memangkas pohon, dinilai Pemerintah Kota Palembang melalui ...