Home / Headline / Uji Coba LRT Sumsel, Hanya Singgahi Dua Stasiun

Uji Coba LRT Sumsel, Hanya Singgahi Dua Stasiun

Palembang, BP–Pengerjaan transportasi kereta api ringan atau Light Rail Transit (LRT) yang tengah dibangun di ibukota Provinsi Sumatera Selatan terus dikebut. Rencananya setelah sebanyak 2 train set (rangkaian kereta) yang dikirim oleh PT Industri Kereta Api (INKA Persero) dari Madiun tiba di Palembang, minimal sekitar dua minggu kemudian segera dilakukan uji coba.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Proyek LRT Sumsel Suranto mengatakan, usai dua train set sepur dipucuk yang biasa disebut Gubernur Sumsel H Alex Noerdin tiba di kota pempek akan dilakukan uji coba. Untuk uji coba tersebut tentunya tidak dilakukan di sepanjang jalur LRT mulai dari Depo hingga ke Bandara SMB II, melainkan hanya dua stasiun terlebih dahulu yang disinggahi.

“Memang untuk tahap awal uji coba dilakukan bertahap. Nantinya, akan diuji coba di jalur antara Depo menyinggahi Stasiun OPI Mall dan Stasiun Jakabaring dulu,” kata Suranto, Senin (26/3).

Baca:  LRT Sumsel Jadi Trend Budaya Angkutan Publik Terbaru Di Sumsel

Dari hasil pertama itu, sambung dia, baru akan dilakukan uji coba selanjutnya, yakni sampai Stasiun SMB II Palembang. Untuk menyinggahi hingga 13 Stasiun LRT tersebut ditargetkan pihaknya akan selesai sebelum akhir Juni 2018 mendatang.

“Jadi itu dilakukan untuk menyesuaikan sistem yang ada di rel maupun di kereta. Baik rel maupun keretanya menjadi teknologi yang pertama kali di Indonesia. Line atau jalur dibangun oleh PT Waskita dan kereta dibangun oleh PT INKA. Sehingga perlu waktu untuk uji coba agar bisa matching,” jelasnya.

Untuk konstruksi jalur, kata Suranto, hingga saat ini sudah mencapai 88,427 persen. Saat ini juga pengerjaan tengah fokus dalam tahap penyelesaian depo, stasiun dan lainnya. Sedangkan target penyelesaian proyek tersebut diharapkan sebelum Asian Games nanti dapat tercapai.

Baca:  Tidak Ada Kontrak, Waskita Hentikan LRT

“Sembari penyelesaian, uji coba juga akan jalan berbarengan. Sehingga, proses pengoperasian yang ditarget Juli bisa terwujud,” tuturnya.

Sementara itu, Sekda Provinsi Sumsel Nasrun Umar menjelaskan, satu rangkaian terdapat 3 gerbong dengan kapasitas kurang lebih 200 sampai 300 orang per gerbong, dilengkapi dengan Air Conditioner (AC) dan tingkat kenyamanan bagi penumpang dilengkapi juga Closed Circuit Television (CCTV) dan wifi gratis.

Dia juga mengatakan, PT INKA selaku produsen rolling stock train set LRT Sumsel dalam waktu dekat akan mengirimkan dua train set ke Kota Palembang menggunakan kapal laut pada akhir Maret dan diperkirakan tiba di Palembang pertengahan April 2018.

“Tahap awal ini akan dikirim 2 rangkaian kereta, info yang kita dapat dari PT INKA , kira-kira sampai di Palembang antara 10 atau 11 April nanti. Selanjutnya, keseluruhan rangkaian kereta akan dikirim sampai dengan akhir Mei hingga awal Juni nanti,” jelas Nasrun.

Baca:  Hindari Jl Angkatan 45 di Jam Sibuk

Keseluruhan, kata dia, ada sebanyak 8 train set dengan total gerbong sebanyak 24 gerbong. Setiap rangkaian kereta pun dilengkapi CCTV untuk mengantisipasi apabila terjadi aksi kejahatan di dalam gerbong dan mengantisipasi segala pengamatan apa yang terjadi dalam rangkaian selama 0 menit hingga terakhir beroperasi tiap hari.

Terkait mesin rangkaian kereta yang digunakan, Nasrun menjelaskan bahwa LRT Sumsel keseluruhan menggunakan mesin yang berasal dari Jerman yang rangkaiannya di supervisi langsung oleh tim perusahaan Bombardier.

“Berdasarkan informasi yang didapat dari PT INKA, ini merupakan produk prototipe termodern yang pernah mereka produksi,” pungkasnya. #rio

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

DPRD Sumsel Minta Inventarisir Ulang Lahan Pemprov Yang di BOT

Palembang, BP   Juru bicara Fraksi PDI Perjuangan HA Syarnubi SP MM meminta perhatian pemprov melalui BPKAD bidang aset untuk ...