Home / Headline / Bantu UMKM Kuliner, Perindo Bagikan Gerobak Gratis

Bantu UMKM Kuliner, Perindo Bagikan Gerobak Gratis

BP/IST
Ketua DPW Perindo Sumsel Febuar Rahman saat menggulirkan program pembagian gerobak gratis kepada usaha kecil, mikro dan menengah (UMKM).

Palembang, BP
Geliat pengusaha kecil yang mengembangkan produk kuliner khas Palembang terus tumbuh. Wirausaha ini sejalan dengan semakin diminatinya produk makanan minuman Sumsel.

Hal ini juga mendapat perhatian dari berbagai kalangan termasuk partai politik. Salah satunya ialah Partai Persatuan Indonesia (Perindo) yang menggulirkan program pembagian gerobak gratis kepada usaha kecil, mikro dan menengah (UMKM).

Ketua DPW Perindo Sumsel Febuar Rahman mengatakan, program gerobak UMKM ini merupakan wujud dari langkah nyata Partai Perindo dalam mendorong serta meningkatkan perekonomian masyarakat. “Ini salah satu program unggulan Perindo untuk meningkatkan penghasilan pada pedagang,” katanya pada penyerahan gerobak di Lorong Muhajirin 4, Lorok Pakjo, Palembang beberapa waktu lalu.

Baca:  Ikon Kuliner Palembang Akan Disertifikasi Halal

Ditambahkannya, program gerobak Perindo digulirkan dengan tetap memperhatikan ketepatan sasaran. Para penerima sudah diseleksi dan dipastikan telah memiliki usaha minimal 1 tahun. Syarat lainnya terbilang mudah yakni menyampaikan permohoinan, menyerahkan fotocopy KTP dan KK.

“Program yang digagas oleh Ketua Umum Partai Perindo, Bapak Hary Tanoesoedibjo ini mampu membantu pemerintah dalam menekan angka pengangguran dan meningkatkan kelas serta kesejahteraan pelaku UMKM khususnya pedagang kecil,” ucap Febuar yang hadir bersama Calon Walikota Palembang, Sarimuda Sarnubi.

Para penerima gerobak juga antusias dan bersyukur mendapatkan bantuan gerobak berwarna putih dengan kelir merah dan biru. Material yang berkualitas dan kokoh diharapkan mendukung usaha mereka, terlebih desainnya disesuaikan dengan jenis dagangan.

Baca:  Alfaro-Hernoe Lolos Dukungan KTP

Salah satunya ialah Ibu Awani yang berdagang pempek dan model. “Terima kasih banyak Partai Perindo sudah memberikan bantuan untuk kami pedagang kecil. Kami berharap dapat meningkatkan hasil usaha kami,” kata Awani.

Sebelumnya, Perindo Sumsel juga telah membagikan gerobak gratis kepada pedagang di beberapa kabupaten/kota di provinsi ini. Antara lain untuk UMKM di Palembang, Kabupaten Banyuasin, dan Kabupaten Musi Banyuasin (Muba).

Untuk Palembang sendiri, pembagian gerobak sudah digelar di beberapa titik seperti di Alang-alang Lebar, Kertapati dan Plaju. “Desain gerobak juga sudah kami perhatikan betul, misalnya bagi yang berjualan pempek maka tempat penggorengan disesuaikan dengan produk kuliner khas Palembang itu,” terang Ketua DPC Perindo Kecamatan Ilir Barat I Kota Palembang, Edi Susanto.
Sementara, Wasekjen Bidang UMKM DPP Partai Perindo Henky Eko Sriyantono mengungkapkan, Partai Perindo juga memberikan pelatihan dan bimbingan kepada pedagang dalam berwirausaha. Menurut Cak Eko, sapaan akrabnya, hal ini bertujuan agar usaha mereka terus berkembang.

Baca:  Tentukan Titik Kampanye, KPU se Sumsel Rapat Kordinasi

Bahkan, sajian menu di gerobak Perindo pun diperhatikan ketika disajikan kepada para konsumen. “Pembagian gerobak dan pembinaan ini untuk mengembangkan SDM dan produktifitas dengan inovasi baru sehingga mereka bisa naik kelas dan omzetnya meningkat,” ungkap Cak Eko yang juga pengusaha kuliner ini.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Pilpres 2019, Netralitas TNI Harga Mati

Palembang, BP Prajurit TNI di wilayah Kodam II/Sriwijaya berkomitmen untuk menjaga Netralitas dalam Pemilihan Presiden 2019 nanti. Hal ini ditegaskan ...