Home / Palembang / Pedesterian di Jembatan Ampera

Pedesterian di Jembatan Ampera

PPK Jembatan Metropolitan BBPJN V, Suwarno.

Palembang, BP — Mempercantik Jembatan Ampera, Satuan Kerja Pelaksana Jalan Metropilitan BBPJN V akan membuat pedesterian di atas trotoar jembatan yang nantinya juga akan disulap menjadi pedesterian dengan kursi taman.

PPK Jembatan Metropolitan BBPJN V, Suwarno mengatakan, moment Asian Games dipastikan banyak wisatawan yang berkunjung ke Palembang juga mendatangi Ampera. Untuk memberi kenyamanan, maka segera dilakukan pemeliharaan secara menyeluruh. “Ada tiga pengerjaan pemeliharaan yakni pengecatan, pembuatan pedesterian dan perbaikan beton rusak di lantai jembatan,” Kamis (1/2).

Trotoar Jembatan Ampera saat ini akan diubah menjadi pedesterian. BBPJN akan memasang kursi taman di sepanjang jembatan 1140 meter. Kursi yang akan dipasang sebanyak 120 buah di sisi kiri kanan pedesterian juga dilengkapi tempat charger handphone.

“Setiap 20 meter kita pasang tempat kursi agar ada ruang kosong bagi pengunjung yang ingin berdiri, tidak hanya duduk,” katanya.

Ia mengatakan, pada pinggiran pedesterian, akan dipasang besi pembatas jalan agar kendaraan roda dua tidak naik ke pedesterian. Pihaknya akan membuat jalur sepeda dan menyediakan tempat utilitas seperti kabel listrik. “Kalau orang pemerintah kota mau merapikan, kita siapkan jalur utilitas yang dibuka tutup, jadi tidak perlu dibongkar pasang lagi,” jelasnya.

Menurutnya, mempercantik wajah Ampera ini agar para wisatawan bisa melihat sisi lain dari Ampera dan dapat menikmati monumen perjuangan rakyat itu sepuasnya. “Dengan dibuatnya pedesterian dan dilengkapi berbagai fasilitas pendukung, pengunjung dapat melihat Palembang sangat berubah menjadi lebih cantik dan memberikan kesan baik,” katanya.

Menurutnya, pengerjaan pedesterian Jembatan Ampera ini akan dilakukan April mendatang sebab saat ini sedang dalam proses tender. Setidaknya Juli mendatang atau sebelum Asian Games sudah selesai. Berbaikan Jembatan Ampera secara menyeluruh ini dengan dana keseluruhan Rp21 miliar.

“Pembuatan pedesterian ini sudah dibahas di Jakarta diantaranya bersama LIPI, ahli di Perguruan Tinggi, untuk memberi masukan salah satunya spesifikasi cat dan pedesterian. Ini sudah dibahas dan disetujui,” ujarnya.

Selain itu juga, pengecatan ulang pada struktur baja akan dilakukan agar jembatan tidak mengalami korosi. Cat yang akan digunakan adalah cat berstandar SNI dengan masa penggunaan 5 tahun. “Luasan struktur baja yang akan dicat ada 30-40 ribu meter persegi. Dengan kebutuhan 525 galon cat,” katanya. #pit

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Maxime & Tanta Disambut Histeris Pengunjung Mal OPI

Palembang, BP Pemeran film The Perfect Husband, Maxime Bouttier dan Tanta Ginting menggelar Meet and Greet The Perfect Husband di ...