Home / Sumsel / Hanya Dimiliki 3 Negara di Dunia

Hanya Dimiliki 3 Negara di Dunia Mesin Boling Canggih di Jakabaring

 

Palembang, BP — Mesin boling jenis AMF yang merupakan salah satu fasilitas penunjang untuk para atlet dan digunakan pada Venue Boling di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Sumatera Selatan ternyata hanya dimiliki tiga negara. Pertama di Negara Azerbaijan, Dubai dan Indonesia yang berada di Venue Boling Jakabaring yang diklaim sebagai salah satu yang terbaik di Asia.

Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin mengatakan, pembangunan venue boling seluas 3.600 meter persegi tersebut tidak sedikitpun menggunakan uang pemerintah, melainkan sumbangan dari perusahaan Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas dengan menghabiskan total dana sebesar Rp27 miliar, untuk mensukseskan Asian Games 2018.

“Dan hari ini kita mempunyai venue dengan 40 line mesin AMF. Mesin AMF saat ini hanya dipakai di tiga tempat di dunia yakni Azerbaijan, Dubai dan di Palembang tinggi atap puluhan meter dan full AC. Alhamdulillah,” ungkap pelopor sekolah gratis ini, Rabu (28/2).

Baca:  Jusuf Kalla Meninjau Gedung Bowling Centre

Dikatakan orang nomor satu di Sumsel ini, kurang dari dua tahun Kota Palembang mampu mewujudkan venue yang megah bertaraf internasional di kawasan JSC. Sebelum disulap menjadi venue terbaik di Asia, lokasi ini merupakan rawa-rawa.

“Dana tidak ada tapi saya ditugaskan Pak Suryo Bambang Sulistyo dari PBI Pusat untuk bangunkan Boling Center di kawasan Jakabaring karena di Jakarta kurang bagus. Dan sekarang kita mewujudkannya,” kata Gubernur Alex.

Baca:  Sukses Digelar, Bowling Siap Tatap Asian Games

Mantan Bupati Musi Banyuasin dua periode ini juga menambahkan, jika di Sumsel permainan boling sudah dimainkan pertama kali di Indonesia pada tahun 1930, saat zaman Belanda. Tepatnya berlokasi di Plaju Sungai Gerong.

“Dulu namanya kamar bola. Selain itu, untuk fasilitas lainnakan selesai sebelum pesta bangsa-bangsa Asia, seperti lokasi parkir kantin atau kafe,” tambah suami dari Eliza Aelx ini.

Untuk diketahui juga, APP Sinar Mas juga ikut andil sebagai sponsor resmi Asian Games 2018 yang akan digelar di Jakarta dan Palembang. Produk unggulan mereka seperti kertas Sinar Dunia (Sidu) dan Tisu Paseo sebagai official product.

Selain di kota pempek, APP Sinar Mas juga turut membantu renovasi beberapa fasilitas olahraga di Jakarta senilai Rp93 miliar sebagai sarana latihan para atlet.

Baca:  Sukses Digelar, Bowling Siap Tatap Asian Games

Adanya berbagai fasilitas penunjang untuk para atlet yang salah satunya mesin bolling jenis AMF dinilai Aldila Indryati (23) yang mengikuti tes event Asian Games di Palembang merasa sangat bersyukur dengan adanya Venue Bolling yang sudah standar internasional.

“Terlebih lagi, di Venue Boling GSJ memiliki 40 lintasan. Mesin AMF itu adalah mesin baru, memang cuma ada di tiga negara. Ternyata di Indonesia, sudah ada di Palembang, ini sangat bagus,” ungkap Aldila yang merupakan salah satu atlet asal Sumatera Utara itu. #rio

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Jejak -Jejak Berdarah Jepang di Sumatera

Oleh : Dudy Oskandar, Jurnalis Penguasaan  Jepang atas Sumatera terjadi dalam dua tahap: Sumatera Selatan (Sumsel) direbut pada pertengahan Februari ...