Home / Headline / Rel LRT Palembang Tinggal 3 Km Lagi

Rel LRT Palembang Tinggal 3 Km Lagi

Palembang, BP–Pengerjaan transportasi kereta api ringan atau light rail transit (LRT) di ibukota Provinsi Sumatera Selatan terus dikebut. Jalur layang yang biasa disebut Gubernur Sumsel H Alex Noerdin ‘rel sepur di pucuk’ juga telah terpasang sepanjang 43 kilometer dari keseluruhan 46 km. Artinya tinggal sekitar 3 km lagi yang belum terpasang.

Kepala Proyek LRT Sumsel Masudi Jauhari mengatakan, total 46 km tersebut merupakan jalur rel LRT untuk dua jalur kanan dan kiri.

“Pemasangan rel yang dari arah Bandara SMB II Palembang dan juga dari Jakabaring. Lagi pula sudah tinggal sedikit, pokoknya akhir bulan ini (Februari-red) insya Allah sudah selesai untuk pemasangan rel,” kata Masudi, Rabu (21/2).

Baca:  Awal 2018 LRT Diharapkan Sudah Uji Coba

Selain pemasangan rel LRT, pihaknya kini tengah fokus dalam pemasangan wessel dan third rail, serta finishing stasiun. Sedangkan kedatangan train set, pihaknya mendapatkan informasi bahwa pada Maret mendatang baru akan didatangkan.

“Secara umum, progres pengerjaan LRT sudah mencapai 87 persen. Kalau kereta tiba pastinya belum tahu, tapi kami harap secepatnya kereta ini datang ke Palembang, sehingga bisa dilakukan ujicoba,” jelas dia.

Baca:  Kecepatan LRT Sumsel Tembus 35 Km/Jam

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pembangunan LRT Sumsel Suranto mengatakan, untuk perkembangan di zona 5 persisnya kawasan Jakabaring saat ini tengah pemasangan pagar. Namun, pemasangan itu tak hanya dilakukan di zona 5, melainkan di kawasan zona 1 atau daerah bandara juga sudah dimulai pemasangan pagar di dinding pembatas.

Dijelaskan Suranto, area tersebut bernama walkway yang bisa digunakan untuk tempat jalan kaki ketika perawatan dan evakuasi. Pemasangan pagar sendiri dipasang untuk pengamanan.

“Zona 1 sebagian sudah dipasang, tapi material sebagian besar sudah datang. Misal material pagar didatangkan dari luar Palembang yang dilakukan secara bertahap. Tetap made in Indonesia,” ungkap dia tanpa menyebutkan dari daerah mana.

Baca:  Pembangunan LRT dan Tol Palindra Pertama di Indonesia

Menurutnya, berbeda dengan wessel atau konstruksi rel kereta api yang bercabang atau bersimpangan tempat memindahkan jurusan jalan kereta api. Jika material pagar didatangkan dari dalam negeri, wessel didatangkan langsung dari negara Ceko.

“Material sudah ada dan sedang dalam pemasangan. Pemasangan tidak harus berbarengan dengan pengerjaan rel,” pungkasnya. #rio

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Reuni Akbar SMP Negeri 38 Palembang Dihadiri Ratusan Alumnus

Palembang, BP Masih dalam suasana lebaran idul Fitri , keluarga besar alumni SMP Negeri 38 Palembang mengadakan acara reuni akbar ...