Home / Palembang / Muluskan 383 KM Jalur Logistik

Muluskan 383 KM Jalur Logistik

Kasatker Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional (P2JN) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah V, Dadi Muradi.

Palembang, BP — Sebagai jalur logistik, jalan lintas timur 383 kilometer (Km) akan diperbaiki secara konferhensif mulai April ini. Pengerjaan ini ditargetkan dalam lima tahun kedepan jalan tetap mulus.

Kasatker Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional (P2JN) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah V, Dadi Muradi mengatakan, kondisi jalan lintas timur hingga akhir tahun lalu yang dalam kondisi baik 115,9 Km baik, tidak mantapnya ada 101,1 Km, 166,14 Km sedang, 93,3 Km rusak ringan dan 7,8 Km rusak berat.

Baca:  Jalan Menuju RSUD Banyuasin Menyeramkan

“Tahun ini kita fokus memuluskan jalan lintas timur mulai dari arah Jambi hingga Lampung. Sebab, jalan ini adalah jalur logistik Pulau Sumatera,” katanya, Rabu (21/2).

Saat ini, proses perbaikan jalan ini sudah sampai pada tahapan izin multiyears di keuangan. Pihaknya meyakinkan jika prosesnya selesai, maka pelelangan akan dilaksanakan. Pelelangan akan dilakukan dua tahapan. Seperti tahap prakualifikasi yakni untuk memastikan penyedia jasa yang memenuhi persyaratan.

“Karena proyeknya cukup besar dan pengerjaannya komplek jadi dibutuhnya kontraktor yang memenuhi syarat, baik dari sisi finansial maupun teknis,” katanya.

Baca:  Janji Lebarkan Ruas Jalan Banyuasin Palembang

Ia menegaskan, khusus jalur lintas timur ini penanganannya akan dilaksanakan secara komprehensif atau menyeluruh dan sampai tuntas. Dengan panjang jalan 383 Km tersebut dibutuhkan dana Rp1,6 triliun. Pengerjaan dua tahap multiyears ini pada tahap satu di 2018-2019 sudah disetujui dananya Rp1,04 triliun diantaranya Rp420 miliar di tahun 2018 dan Rp629 miliar di 2019.

“Kemudian sisanya sekitar Rp418 miliar dilakukan di tahap selanjutnya tahun 2020 dan 2021. Pendanaan ini melalui SBSN (Skema Pendanaan Melalui Surat Berharga Syariah Negara),” katanya.

Baca:  Di sini Titik Angker Jalintim Banyuain Saat Mudik

Ia mengharapkan, penangangan ini menjadi mantap 100 persen, sehingga dalam waktu 5 tahun tidak ada lagi pengerjaan. Kemudian pihaknya bisa melakukan ke pengerjaan jalan di lintas tengah dan lintas penghubung. Januari sampai saat ini, di lintasan tersebut masih dilakukan penanganan rutin menggunakan dana transisi sehingga jalan tidak rusak berat.

“Sebelum Idul Fitri kontrak ditandatangani, April target langsung fisik, tahap satu ini pengerjaan 21 bulan,” jelasnya.

Dadi mengatakan, lintas timur ini merupakan jalur logistik di Pulau Sumatera. Akan sangat terbantu dengan akan dibangunya Tol Lampung – Kayu Agung – Palembang – Betung. Juga akan mengurangi kepadatan lalulintas di jalur timur dan lalulintas berat sebagian juga akan ke tol. #pit

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

KONI PALI Gelar Sosialisai Terhadap Anggota KONI dan Cabor

Palembang, BP Sebagai bentuk keseriusan dalam meningkatkan prstasi olarga di Bumi Serpat Serasan, Komite Olaraga Nasonal Indonesia (KONI), Kabupaten Penukal ...