Home / Pendidikan / Jalin MoU, UIN Bakal Kirim Dosen Universitas Iran

Jalin MoU, UIN Bakal Kirim Dosen Universitas Iran

SEMINAR: Seminar Internasional dengan Iran tema Indonesia-Iran Relations and Dipolmacy, Geo Politics, Repositioning and The Future Cooperation di Akedemic Center UIN, Selasa (20/2).

Palembang, BP— Berangkat dari upaya peningkatan kualitas dosen di kampusnya, Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang terus melakukan terobosan agar berdampak pada kualitas lulusan sebagaimana amanat Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Benar saja, rencananya satu-satunya kampus Islam Negeri di Sumatera Selatan ini bakal mengirim beberapa dosennya ke Iran dalam rangka program pertukaran dosen di Universitas Iran.

Demikian disampaikan Rektor UIN Raden Fatah Palembang Prof M Sirozi Disela-sela seminar Internasional dengan Iran tema Indonesia-Iran Relations and Dipolmacy, Geo Politics, Repositioning and The Future Cooperation dan sekaligus jalin MoU antara UIN Raden Fatah dan Iran, di Academik Center UIN Raden Fatah palembang, Selasa (20/02).

Baca:  UIN RF Bangun Pusat Peradaban Islam Melayu

“Pendidikan di Iran tak kalah hebatnya dengan negera lain. Kita saling belajar dan transfer ilmu, karena Iran juga banyak melahirkan artikel di jurnal internasional. Dan kita juga perlu adanya pertukaran dosen nantinya,” terang Sirozi.

Lanjut dia bahwa dengan adanya kerjasama antara UIN dan Iran, masyarakat tidak perlu khawatir, karena ini menyakut pendidikan atau akademi.

Baca:  Fisip UIN Tampil Beda, Ilmu Politik Ikuti Ajaran Nabi

“Ilmu itu tidak ada batasannya. Karena yang datang ke sini adalah orang-orang ahli semua, jadi kita bukan mengundang aktifis syi’a, inikan akademik dan tidak perlu di khawatirkan,” tegas Sirozi.

Sirozi juga berharap lembaga akademik, pihaknya ingin diskusi antara Indonesia dan Iran berjalan dengan baik, meskipun hubungan tersebut sering kali terganggu dengan persepsi yang salah, sehingga sering kali muncul miskomunikasi.

“Kali ini Fakultas Adab and Humaniora yang menjadi tuan rumah dalam acara ini. Dan juga ini sebagai tindak lanjut untuk kedepannya,” harapnya.

Baca:  Wujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Stebis IGM Gandeng UIN

Lanjut Sirozi, mengenai MoU dengan Iran, pihaknya sudah lama jalin kerjasama dengan kedutaan Iran di Jakarta dan Universitas Iran.

Sementara itu, Dekan Fakultas Adab and Humaniora, Nor Huda menuturkan, kedepan ada dua dosen yang bakal kuliah ke sana (Iran), satu politik islam dan studi klasik.

“Saya juga berharap ada beasiswa untuk mahasiswa untuk melanjutkan studi politik islam di Iran,” kata Huda diwaktu dan tempat yang sama.

Dengan seminar ini, pihaknya ingin bisa memahami dengan yang lain. Bahwa ukhuwah islam bisa terjalin dengan baik. “Artinya kita berharap ini tak sekedar kerjasama dalam hal pendidikan saja, tapi juga menjaga hubungan baik bilateral antara Indonesia dan Iran,”pungkasnya. #sug

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Muhammadiyah Tetapkan Idul Adha 22 Agustus

Palembang, BP Pimpinan Pusat Muhammadiyah akhirnya menetapkan bahwa perayaan Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriah jatuh pada hari Rabu 22 ...