Home / Headline / Penerimaan CPNS di Palembang, Lahat, dan Muaraenim Pasca Pilkada

Penerimaan CPNS di Palembang, Lahat, dan Muaraenim Pasca Pilkada

Ilustrasi

Palembang, BP–Badan Kepegawaian Negara (BKN) memastikan seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan dilakukan pasca Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Juni nanti. Masyarakat diharapkan tetap waspada terhadap penipuan dan terus update informasi melalui website resmi BKN.

Kepala BKN Wilayah VII Palembang Agus Sutiadi mengatakan, Kementerian baru akan mengumumkan formasi yang dibutuhkan pada Mei mendatang. Saat ini masih proses penghitungan berapa yang akan diterima sebab beberapa Kementerian dan daerah juga mengusulkan.

Agus mengatakan, setelah Pilkada di bulan Juni, penerimaan akan dilakukan, namun tiga bulan sebelumnya pendaftaran akan mulai dibuka. Daerah kabupaten/kota yang mengusulkan untuk melakukan penerimaan, disyaratkan belanja langsung minimal harus lebih tinggi dibanding tidak langsung.

Baca:  PNS Pemprov Sumsel Beserta Senpi Diamankan

“Mei nanti akan diumumkan Kementerian dan kabupaten/kota mana saja yang melakukan penerimaan CPNS. Jadi sekarang teman-teman di Kemenpan sedang meneliti dan mengevaluasi ulang usulan formasi yang di minta,” katanya.

Menurutnya, pihaknya sudah mulai mempersiapkan infrastruktur untuk menunjang proses test dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). BKN sedang mengidentifikasi wilayah kota yang punya infrastruktur server, listrik. Setelah itu pihaknya akan mendapatkan beberapa lokasi yang akan menampung PNS.

“CAT selain Palembang, di wilayah sebelah barat seperti Lahat, Muaraenim, tes CPNS kemungkinan akan dilakukan disana. Sehingga masyarakat daerah yang tes dapat tercover,” jelasnya.

Baca:  27.443 Peserta SMA dan 8.203 S1 Ikuti Tes Lanjutan

Ia mengatakan, kebutuhannya akan betul-betul dievaluasi, misalnya di daerah yang membutuhkan guru akan benar-benar dihitung, bisa jadi ketersediaan guru di daerah tersebut sebenarnya banyak, tapi memang guru-guru itu tidak mau mengajar di sekolah-sekolah yang kosong itu.

“Kami benar-benar selektif untuk menyetujui permintaan formasi ini dan kami mengharapkan kepada pemerintah daerah (Pemda) agar menyiapkan langkah khusus agar guru yang sudah diterima menjadi CPNS tidak pindah. Sekarang ini kami membutuhkan guru yang mau ditempatkan di daerah-daerah terluar, terdepan, tertinggal (3T),” ujarnya.

Baca:  Lowongan CPNS untuk 1.500 Dosen

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Palembang, Ratu Dewa mengatakan, pihaknya sudah mengajukan 3.000 formasi yang sangat dibutuhkan di Palembang. Terutama guru SD, tenaga kesehatan, tenaga skill tertentu seperti jurnalistik dan sarjana pemerintahan.

“Bayangannya tidak semua formasi yang kami ajukan akan disetujui tapi setidaknya tahun ini Palembang mendapatkan jatah penerimaan CPNS. Pengumuman jumlah formasinya akan diperoleh pada Mei nanti dan seleksinya akan dilakukan pasca Pilkada sekitar September atau Oktober,” ujarnya. #pit

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Jasad Nata Tersangkut di Eceng Gondok

Palembang, BP–Warga pinggiran Sungai Komering di Desa Sungai Pinang, Kecamatan Rambutan, Kabupaten Banyuasin mendadak heboh setelah menemukan mayat laki-laki tersangkut ...