Home / Headline / Richard Cahyadi Siap Ditunjuk Plt

Richard Cahyadi Siap Ditunjuk Plt

BP/DUDY OSKANDAR
Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kaban Kesbangpol) Sumsel, Richard Cahyadi

Palembang, BP
Gubernur Sumsel H Alex Noerdin direncanakan akan menyerahkan Surat Keputusan (SK) Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota dan Bupati yang daerahnya melaksanakan Pilkada pada Juni 2018 mendatang, pada Rabu (14/2) untuk jabatan di Palembang, Prabumulih, Pagaralam, dan Lubuklinggau.
Salah satu nama yang beredar yang menjadi kandidat kuar Plt tersebut adalah Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kaban Kesbangpol) Sumsel, Richard Cahyadi.
“Ditaruh dimanapun siap,” kata Richard disela-sela rapat paripurna DPRD Sumsel, Senin (12/2) .
Menurut Ricard, tugas Plt ada 4 hal yaitu tetap menjalankan roda pemberintahan sebagai mana mestinya , menciptakan situasi keamanan dengan berkoordinasi dengan instansi terkait, berlangsungnya pelaksanaan pilkada sesuai tahapan yang sudah ditentukan , memberikan arahan kepada ASN agar tetap tegak lurus sesuai dengan aturan .
“Tegal lurus ini butuh proses, mau tidak mau ASN yang ada selama ini pasti, selagi punya hak pilih, apalagi incumbent maju ada keterpihakan , ini yang harus kita jelaskan pada ASN dan pihak terkait, bahwa aturan dan edaran Menpan No 53 tahun 2016 jelas,” katanya.
Untuk rotasi pejabat saat Plt menjabat menurutnya,dilihat bunyi SK yang diterima , kalau di SK bisa melakukan mutasi tapi seizin menteri artinya bisa namun tergantung kondisi dilapangan.
“Jika ASN cenderung keterpihakan nampak, mau tidak mau rotasi harus dilakukan ,” katanya.
Selain itu Plt jangan menimbulkan pengkotak-kotakan antara pendukung A dan B, jika terjadi begitu maka kerja ASN tidak kondusif lagi.
“Kita tinggal lagi penyesuaian, gubernur meletakkan seseorang itu pasti melihat jejak langkah seseorang itu, apakah dia bisa menyesuaikan di daerah itu atau tidak , seorang pemimpin masuk ingin membantu , apalagi hanya Plt yang bersifat sementara harus meninggalkan citra yang baik didaerah tersebut,” katanya.
Dari informasi yang dihimpun, Plt Wali Kota Palembang akan diisi oleh Ahmad Najib (Asisten I Pemprov Sumsel); Plt Wali Kota Prabumulih Richard Cahyadi (Kaban Kesbangpol Pemprov Sumsel); Plt Wali Kota Lubuklinggau Riki Djunaidi (Kepala Satpol PP Pemprov Sumsel); dan Plt Pagaralam Amsin Djauhari (Karo Pemerintahan dan Otonomi Daerah Pemprov Sumsel). #osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Komisioner KPU Sumsel Yang Baru Siapkan Fit And Profer Test Seleksi KPU Kabupaten/Kota

Palembang, BP  Sebelum meneruskan kerja komisioner yang lama, KPU Sumsel terlebih dulu harus menyiapkan bahan fit and proper test, untuk ...