Home / Palembang / Listrik Padam, Air PDAM Tetap Hidup

Listrik Padam, Air PDAM Tetap Hidup

Penandatanganan Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL), di Kantor PDAM Tirta Musi Palembang, Selasa (13/2).

Palembang, BP — Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi Palembang memastikan saat PLN melakukan pemadaman listrik, 120 ribu pelanggannya masih tetap dapat menikmati air bersih.

Direktur Utama PDAM Tirta Musi Palembang Andi Wijaya Mengatakan, PDAM Tirta Musi telah melakukan Memorandum of Understending (MoU) dengan PT PLN Wilayah Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu (WS2JB) Area Palembang untuk layanan khusus Premium Silver, 2 Januari lalu.

“Layanan khusus Premium Silver ini untuk saat ini hanya untuk lima intake dan booster yang nantinya saat terjadi pemadaman listrik, air dari PDAM untuk tetap akan mengalir,” katanya usai penandatanganan Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL), Selasa (13/2).

Baca:  UPTD PAM Diwacanakan Jadi PDAM

Lima titik yang mendapatkan layanan premium itu yakni Intake Kerang Anyar, IPA Karang Anyar,Booster KM 4, Booster Punti Kayu dan Booster Alang-Alang Lebar. “Dengan ini 100 ribu – 120 ribu atau sepertiga dari 278 ribu pelanggan PDAM akan tercover oleh layanan premium ini,” katanya.

Penandatangan SPJBTL untuk kali ini dengan daya 4.43 MVA meliputi tiga lokasi terlebih dahulu, yaitu Intake Karang Anyer, IPA Kareng Anyar dan PDAM Booster KM 4. Pembangunan jaringan dan lnstrumen lainnya untuk ketiga lokasi tarsebut telah dilaksanakan oleh PT. PLN dan secepatnya segera dioperasikan.

Baca:  Gunakan Air Tetangga, Meteran Dibongkar

Setelah Ketiga lokasi tarsebut beroperaei dengan lancar, selenjutnya akan dilakukan penandatangnan SPJBTL dengan daya 394 KVA untuk dua lokasi lainnya Booster Punti Kayu dan Booster Alang-Alang Lebar.

Andi mengatakan, meskipun Layanan Premium Silver ini menambah biaya operasional sekitar 5 persen perbulannya, tapi pihaknya menilai masih dalam range wajar sehingga dipastikan tidak ada kenaikan tarif yang dibebankan kepada pelanggan. “Meskipun PDAM menambah layanan premium untuk kelancaran pengairan pelanggannya, tapi kita tidak menaikkan tarif air pelanggan,” katanya.

Layanan premium silver ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya pemadaman maupun ketidakstabilan tegangan listrik yang dapat mempengaruhi pendistribusian air bersih. Dengan menjadi pelanggan tarif layanan khusus premium silver, maka akan diberikan perlakuan istimewa oleh plhak PLN. Dimana PDAM Tirta Musi akan mendapatkan kontinuitas supply listrik.

Baca:  Keluhkan Galian PDAM Bikin Jalan Rusak, Becek, Berdebu, dan Macet

“Pandistribusian air diharapkan akan semakin baik karena adanya pasokan Iistrik dari dua gardu induk sekaligus. Artinya jika jaringan di salah satu induk terputus karena persoalan operasional, secara otomatis jaringan dapat langsung berpindah ke jaringan induk lainnya,” katanya.

Kepala Cabang PLN area Palembang Joni menyebutkan, PDAM saat ini sudah menjadi pelanggan premium jenis silver. Dengan layanan ini tentu biayanya naik Rp55 per kwh dari tarif biasanya atau naik sekitar 5 persen. “Layanan ini bisa dinikmati oleh semua pelanggan. Tp sekarang kita batasi hanya untuk pelanggan tegangan menangah dan secara teknis memungkinkan,” jelasnya. #pit

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Sandiaga Uno Resmikan Posko Kami Berani di Palembang

Palembang, BP — Usai blusukan ke Pasar 10 Ulu dan mengisi kuliah umum di Universitas Mahasiswa Palembang (UMP), calon wakil Presiden ...