Home / Palembang / Gudang Boencit, Destinasi Wisata Hingga Tempat Nikahan

Gudang Boencit, Destinasi Wisata Hingga Tempat Nikahan

 

Kampung Murang Gudang Boencit.

Palembang, BP — Gudang Boencit yang sudah mulai dilukis oleh komunitas mural kini mulai ditata lagi dengan tetap mempertahankan tanah dan rerumputan sebagai lantainya. Tak hanya sebagai destinasi wisata, kawasan tepian Sungai Musi ini akan dimanfaatkan sebagai tempat pernikahan.

Nuansa asri yang dipertahankan, dua pohon beringin besar, lantai tanah dan rerumputan dan dinding yang tetap dibiarkan kasar tanpa disemen kembali. Hal ini diyakini merujuk pada tema yang diangkat oleh Pemerintah Kota Palembang yakni lingkungan.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Isnaini Madani mengatakan, berada di tepian Sungai Musi, Gudang Boencit diharapkan menjadi kawasan yang bermanfaat selain sebagai destinasi wisata baru. Gudang Boencit cukup luas sehingga dipastikan akan sangat memungkinkan jika digunakan juga sebagai tempat acara pernikahan oleh masyarakat umum.

“Sudah ada koordinasi dengan RT setempat, bahwa di kawasan ini tidak ada tempat yang cukup luas untuk pernikahan, jadi Gudang Boencit bisa dimanfaatkan untuk tempat pernikahan,” katanya usai soft launching Gudang Boencit di Jalan Ki Gede Ing Suro, Kelurahan 29 Ilir, Kecamatan Ilir Barat II, Senin (12/2).

Kepemilikan Gudang Boencit yang masih dipinjam dari atas kepemilikan Taslim ini telah mendapat persetujuan dari pemilik. Bahkan, bekas bangunan lama ini ditata kembali dari sebelumnya sebagai tempat pembuangan sampah, seram, semak belukar yang diisi oleh Ular, Biyawak, sekarang menjadi tempat terbuka bagi umum.

“Konsepnya memang untuk destinasi wisata yang full mural bertemakan lingkungan bersih. Akan ditambahkan juga toilet, ayunan, souvenir shoop, kuliner corner yang sebelum Asian Games sudah refesentatif,” jelasnya.

Dikatakannya, kawasan public area ini tidak memakan dana APBD nol rupiah pun. Pengadaan cat untuk mural berasal dari Dulux. Selain menggandeng komunitas mural, pihaknya juga membuka kesempatan bagi pihak ketiga yang ingin berkontribusi. “Kita bekerja sama dengan komunitas mural yang ada, seperti diantanya ada Rizki Mural, Harda, PGRI,” ujarnya.

Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan Kampung Mural Gudang Boencit, Sekanak Bersolek dan Gedung Jacobson merupakan satu kawasan yang masuk ke dalam Sekanak Kerihin. Gudang Boencit dan ini merupakan akhir dari destinasi wisata yang ada di Sekanak Kerihin.

“Gudang Boencit ini dijadikan kampung mural. Beberapa mural sudah ada yang dilukis oleh komunitas mural di Palembang. Pengunjung yang datang ke sini bisa menikmati seni mural, baik itu mural yang mendetil maupun mural yang tidak begitu detil,” katanya. #pit

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Promosikan Sumsel Ke Kancah Dunia Lewat OBOROT

Palembang, BP — Banyaknya destinasi wisata yang ada di Kota Palembang, Sumatera Selatan yang dianggap belum dikenal hingga dunia membuat Poltekpar ...