Home / Palembang / Bangun Pos Keamanan Tugu Belido

Bangun Pos Keamanan Tugu Belido

Palembang, BP — Tuntasnya pembangunan dan launching Tugu Ikan Belido yang merupakan CSR dari PT Bukit Asam (PTBA), Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang akan melakukan upgrade pompa untuk menghasilkan semburan yang lebih besar dan juga akan membangun pos pengamanan disertai dengan taman.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Palembang, Sudirman Teguh mengatakan, tahap pertama yang akan dilakukan pasca penyerahan oleh PTBA, melakukan modifikasi pompa sehingga semburan yang dihasilkan lebih besar. “Kami akan menyiapkan tim untuk menambah kekuatan semburan pompa ini,” katanya usai Launching Tugu Belido, Minggu (11/2).

Sudirman mengatakan, pembangunan Tugu Ikan Belido ini tidak sampai pada tahap ini saja. Meski tidak akan mengubah apa pun dari bentuk dan warna ikan, tetapi melalui CSR dari Bank Sumsel Babel Cabang Palembang akan membangun pos pengamanan di sekitar Tugu Belido dengan jarak sekitar 50 meter.

Baca:  September Tugu Belido Diresmikan, Pasang Pompa Air

“Bank Sumsel Babel Cabang Palembang sudah menyiapkan dana Rp250 juta untuk pembangunan ini. Tidak hanya pos pengamanan, tetapi akan semakin memperindah icon baru Kota Palembang ini,” jelasnya.

 

Pos tersebut tidak hanya untuk penjagaan saja, tetapi juga akan disiapkan satu loket untuk penjualan souvenir khas Palembang.

Direktur Utama (Dirut) PTBA, Arviyan Arifin menyampaikan, pihaknya siap memberikan kontribusi terhadap pembangunan di Sumatera Selatan (Sumsel) dan Palembang. Dimana, tugu Belido yang diserahkan ke Walikota Palembang Harnojoyo, adalah awal dari suport program PTBA terhadap pembangunan melalui Forum CSR Kota Palembang yang dilantik hari ini.

Baca:  Lelehan Perak Siap Bungkus Tugu Belido

“Kedepan, tidak hanya Rp3 miliar, kita akan suport program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah lebih besar lagi,” ujarnya.

Arviyan menerangkan, Tugu Belido Bukit Asam memiliki tinggi 9 meter, dengan panjang patung ikan mencapai 12 meter dan tinggi sekitar 6 meter. Patung ikan yang terbuat dari tembaga dengan tebal 1,2 mm dan dilapisi perak ini memiliki berat mencapai 3 ton. Pemilihan BKB sebagai tempat dibangunnya Tugu Belido ini karena tampat ini menjadi salah satu pusat keramaian yang diminati oleh masyarakat, wisatawan serta tempat diselenggarakannya berbagai kegiatan.

Baca:  13 Agustus Tugu Belido di BKB Diresmikan

Sementara itu, Walikota Palembang Harnojoyo berharap keberadaan tugu Belido ini dapat dijaga dan dirawat. Sehingga kedepan Palembang akan menjadi tujuan destinasi baru pariwisata. Pihaknya juga berharap BUMN dan BUMD terus berkontribusi pada pembangunan daerah. “Berdasarkan ketentuan undang-undang pun memang harus setiap perusahaan memberikan 2,5 persen untuk pembangunan daerah,” katanya. #pit

x

Jangan Lewatkan

Kawasan Kumuh Sisa 1400 Hektar

  Palembang, BP — Kawasan kumuh di Kota Palembang memang mengalami penurunan dari 2400 hektar, saat ini audah tersisa 1400 hektar. ...