Home / Headline / 20 Januari 2018, KPU Sumsel Dan Jajaran Gelar Coklit

20 Januari 2018, KPU Sumsel Dan Jajaran Gelar Coklit

BP/DUDY OSKANDAR
Liza Lizuarni

Palembang, BP

Anggota KPU Sumatera Selatan (Sumsel) Liza Lizuarni mengatakan, tanggal 20 Januari 2018, KPU Sumsel akan menggelar coklit serentak seluruh Indonesia.
“Jadi seluruh penyelenggara itu akan turun nanti dari KPU provinsi, KPU kabupaten dan kota sampai PPK, PPS dan PPDP akan turun serentak dan kami akan langsung dari rumah kerumah untuk mencoklit,” katanya ditemui di ruang kerjanya, Rabu (17/1).
Tujuan coklit ini, untuk membersihkan data yang dimiliki KPU Sumsel,” Kalau coklit ini khan pencocokan dan penelitian , jadi kita akan cocokkan data yang kita punya dengan apa yang terjadi di lapangan, itulah tugas coklit sebenarnya, sekalian kalau ada pemilh baru, yang tidak terdaftar akan kita catat dan akan kita singkronkan dengan data yang kita punya,” katanya.
Untuk coklit akan dilakukan selama satu bulan. ” Ini sebenarnya tugasnya PPDP ,yang kita bantu itu , mendatangipara pemilih dari rumah-kerumah untuk memastikan , apakah orang-orang yang terdapat dalam daftar pemilih kita ini memang riil benar ada orangnya , punya persyaratannya sudah memenuhi sebagai pemilih nanti akan kita catat, ada misalnya apakah orang yang ada dalam daftar pemilih kita ini masih ada atau sudah meninggal, atau apakah orang dalam daftar pemilih kita ini masih berhak untuk memilih, atau orang ini dulu tidak berhak memilih kini berhak memilih, contohnya TNI/Polri, misalnya dia sudah pensiun mereka berhak untuk memilih, kalau dulunya bukan TNI/Polri dan masuk TNI/Polri tidak berhak memilih, “ katanya.
Selain itu, pakah orang yang ada dalam daftar pemilih kita ini apakah masih berdomisili ditempat yang sama atau sudah pindah domisili.
“Kita juga libatkan ketua RT, biasanya ada beberapa PPDP itu memang ketua RT , maka lebih mempermudah, tapi tidak harus,” katanya.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

DPRD Sumsel Minta Inventarisir Ulang Lahan Pemprov Yang di BOT

Palembang, BP   Juru bicara Fraksi PDI Perjuangan HA Syarnubi SP MM meminta perhatian pemprov melalui BPKAD bidang aset untuk ...