Home / Pemerintahan / Kala MPV Sejuta Umat China Menari-Nari di Palembang

Kala MPV Sejuta Umat China Menari-Nari di Palembang Pasar otomotif di Palembang mulai ramai membicarakan Wuling Merek mobil baru asal China, salah satu varian mobil ini bahkan diklaim lebih murah dan berkualitas dibanding sejumlah merek kelas low cost green car (LCGC).

Confero s di dealer Wuling Motors Jalan Basuki Rahmat / RENO

PASAR kendaraan tujuh penumpang masih sangat potensial di Sumatera Selatan (Sumsel) terbukti bahwa saat berkendara Avanza ataupun Xenia selalu ada di atas aspal Kota Palembang. Namun kini, mobil berlogo W warna merah yang ukurannya cukup besar ini, sudah sering seliweran di Kota Palembang.

Beberapa mobil bahkan terpantau seliweran dengan plat putih, yang menandakan jika mobil ini masih baru dan kerap mencuri perhatian pengendara. Karena memiliki logo yang tak biasa, sejumlah pengendara pun sangat ingin melitnya karena tampilannya yang cukup berkelas.

Benar saja, dari penelusuran Koran ini, Wuling Motors diam-diam kini telah mendirikan showroom lengkap dengan servis dan spare part di Jalan Soekarno Hatta. Showroom ini bahkan saat ini sudah hampir rampung dan segera beroperasi di bulan depan.

Salah satu varian kendaraan yang sunter diperbincangkan saat ini adalah Wuling Confero yang diklaim memiliki harga lebih murah dari produk sekelas seperti Toyota Avanza, dan mobil-mobil yang kelasnya berada di bawahnya, seperti Toyota Calya dan Agya.

Bahkan, harga varian terbawah Confero masih lebih murah dibandingkan Calya dan Agya yang jelas-jelas berada di kelas low cost green car (LCGC), bukan LMPV. “Saya sering lihat di youtube soal Wuling, kalau saya pribadi ditanya soal kebutuhan pabrikan China ini cukup menjadi rekomendasi menarik,” kata Yusuf (30).

Pegawai Negeri Sipil di Kota Palembang ini bahkan mengatakan, Wuling akan menjadi pesaing sepadan pabrikan Jepang di Sumsel. Sebab, harga murah dengan kualitas yang setara, tentunya akan mengguncang minat pasar kosumen.

Demikian dikemukakan salah satu pelaku otomotif di Palembang Yaser. Penggemar mobil sport di Palembang ini bahkan melihat pasar Palembang sudah mulai goyah, karena harganya lumayan rendah, dan kualitasnya hampir menyamai pesaing kelas di atasnya.

“Sejauh ini kosumen beragapan bahwa paribikan China sangat buruk, harganya yang murah memiliki kualitas yang murahan. Namun saya pikir tidak demikian. Jika perawatan kendaraan dilakukan dengan benar, maka kendaraan sudah pasti awet, apalagi itu mobil baru,” tutur dia.

Yaser mengakui, tidak semua orang paham dengan mesin, apalagi mayoritas pengguna adalah Jepang paling terbaik. Namun kembali lagi tentang kebutuhan pembeli itu sendiri. “Jika ditanya secara pribadi, harga yang cukup murah dengan kualitas yang di atas rata-rata, ini sangat sepadan,” tutur dia.

Dari perbincangan tersebut, BeritaPagi mencoba untuk menelusuri keberadaan showroom kendaraan ini. Berangkat dari showroom yang masih dalam proses finishing bangunan, ternyata tidak sulit menemukan tempat penjualan mobil ini.

Berada di Jalan Basuki Rahmat berseberangan denagn Fave Hotel, Koran ini berjumpa dengan salah satu Supervisor Wuling Motors bernama Rahmat. Rahmat bercerita bahwa benar, sebentar lagi Wuling Motors akan berkantor di Jalan Soekarno Hatta.

Saat ini pada showroom di Basuki Rahmat hanya tempat sementara dan melayani penjualan saja. “Di sini kami hanya menjual produk, untuk servis dan sparepart diperkirakan akan beroperasi pada Februari di Soekarno Hatta,” kata Rahmat yang tidak segan-segan menceritakan

Rahmat mengakui, memperkenalkan merek baru apalagi pabrikan China perlu kerja keras, apalagi merek Jepang sangat kental di Bumi Sriwijaya. Namun pihaknya memastikan, jika kendaraan ini akan menjadi kendaraan sejuta umat seperti di China yang mempu menembus penjualan pabrikan Jepang.

“Hal yang paling sering ditanya adalah servis dan sparepartnya bagaimana. Namun hal itu adalah pertanyaan yang lumrah, sebab mobil in diproduksi di Indonesia, dan sebentar lagi semua tersedia di Palembang, sehingga kosumen tidak perlu khawatif,” tutur Rahmat.

Rahmat menjelaskan, untuk harga Confero 1.5 manual di Palembang harganya Rp145 juta dan cukup murah jika dibandingkan dengan kendaraan tujuh penumpang dikelas yang sama.

“Produk kami bisa diadu soal kualitasnya, bahkan kami bisa pastikan lebih baik dari sejumlah mobil low cost green car yang sudah lebih dulu eksis. Varian di atasnya type SC Rp167 juta dan SL Rp180 juta,” kata Rahmat.

Saat ini dibeberkan Rahmat, pihakya hanya menjual dua produk yakni Confero dan Cortez. “Kalau Confero belum ada yang manual, saat ini baru Cortez ada yang Automatic. Cortez sendiri mulai dari Rp232 juta hingga Rp280 juta,” tutur dia. #ren

x

Jangan Lewatkan

Empat Kandidat Resmi Jadi Calon Walikota Dan Wakil Walikota Palembang 2018

Palembang, BP Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Palembang menggelar rapat pleno terbuka dengan agenda penetapan pasangan calon Pemilihan Walikota dan ...