Home / Headline / Arti Kata Semper Renascor Bagi Kota Palembang

Arti Kata Semper Renascor Bagi Kota Palembang

Lambang kota Palembang zaman kolonial Belanda

Palembang, BP

Kota Palembang merupakan ibukota Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Lambang kota Palembang tempo doeloe bergambar beruang dengan tulisan dibawahnya Semper Renascor.
Lambang ini dipergunakan oleh pemerintah kolonial Belanda saat menjajah Sumsel terutama kota Palembang, selama masa pemerintahan Belanda di Palembang lambang ini di pasang di gedung watertoren atau gedung Walikota Palembang.
Banyak masyarakat Palembang tidak tahu kalau tulisan Semper Renascor itu sendiri artinya apa? Semper Renascor sendiri berasal dari bahasa latin , Semper artinya selalu dan Renascor artinya bersaudara atau bersanak, sehingga Semper Renascor kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti bersaudara selalu.
Setelah Indonesia merdeka, kota Palembang tidak lagi mempergunakan lambang Semper Renascor namun membuat lambang dan logo sendiri yang diuraikan sebagai berikut :

Lambang kota Palembang hingga kini

Atap Rumah Sirah
Dalam logo daerah kota Palembang, kita bisa melihat sebuah atap yang berwarna coklat kemerahan dengan pinggiran berbentuk tanduk berwarna keemasan. Itu merupakan Rumah Sirah, yang mana rumah ini adalah rumah adat kota Palembang. Simbol Rumah Sirah tersebut melambangkan kota Palembang yang kaya akan kesenian, budaya dan kearifan lokal yang menyatu dan menjadi teladan dalam kehidupan sehari-hari masyrakatnya. Berdasarkan sumber yang saya dapatkan dari website Pemerintah Kota Palembang
Puncak Rebung
Diatas Rumah Sirah terdapat Puncak Rebung yang melambangkan kemuliaan dan keagungan.

Baca:  Ustad kondang H Abdul Somad Ceramah di DPRD Sumsel

Garis-garis Kuning
Simbol garis-garis kuning dalam lambang daerah kota Palembang yang berjumlah 17 garis melambangkan tanggal kemerdekaan Republik Indonesia.

Bukit Berwana Hijau
Logo kota Palembang terdapat simbol bukit berwarna hijau yang diartikan sebuah Bukit yang termasyur di Palembang dengan nama Bukit Siguntang. Bukit Siguntang adalah tempat kesucian dimasa zaman dahulu yaitu diabad ke VII s.d. XII yang terdapat kumpulan candi-candi, kuil-kuil dan Perguruan Tinggi dan dikunjungi oleh pelajar-pelajar agama Buddha di seluruh Asia.

Baca:  Meriahnya, Anniversary Ika 92 SMP Negeri 27 Palembang Ke I

Segitiga Kuning
Di bagian tengah logo atau lambang kota Palembang terdapat segitiga pendek dan segitiga tinggi berwarna kuning. Untuk simbol segitiga tinggi terdapat 8 jumlah segitiga. 8 jumlah ini dimaknai sebagai bulan hari kemerdekaan Republik Indonesia yaitu bulan Agustus. Untuk segitiga yang kecil berjumlah 9, artinya belum saya ketahui (mohon maaf :D)

Baca:  Anna Kumari, Penjaga Dan Pelestari Seni Dan Budaya Terakhir Di Kota Palembang

Garis Tengah Biru
Garis horizontal berwarna biru  terletak tepat ditengah-tengah lambang kota Palembang adalah simbol Sungai Musi yang membentang membela kota Palembang. Sungai Musi adalah sungai yang yang mengelilingi provinsi Sumatera Selatan.

Garis Gelombang Biru
Garis biru bergelombang yang berjumlah 9 garis adalah lambang dari provinsi Sumatera Selatan yang dikenal memiliki sembilan sungai besar dengan nama Batanghari Sembilan.

Bunga Teratai
Bunga teratai adalah makna dari kesucian, keindahan dan keagungan kebudayaan yang dimiliki kota Palembang.

Palembang Djaja
Palembang Djaja yang dalam Ejaan Yang Disempurnakan menjadi Palembang Jaya adalah asa dari kota Palembang untuk selalu memakmurkan masyarkatanya, maju dan berkembang kotanya, tetap menjaga kebudayaan dan kearifan lokal, serta menjadi kota yang aman dan sejahtera. #Osk

 

 

 

 

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Belman Karmuda Tutup Usia

Palembang, BP Mantan Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang juga Kepala Biro Kesra Setda Sumsel Belman Karmuda meninggal ...