Home / Kesehatan / Penderita ISPA Meningkat Seiring Bertambahnya Pengendara Motor

Penderita ISPA Meningkat Seiring Bertambahnya Pengendara Motor ITW Desak Pemerintah Lakukan Sosialisasi

Edison Siahaan

Jakarta, BP–Indonesia Traffic Watch (ITW) memprediksi beberapa tahun ke depan jumlah penderita penyakit infeksi saluran napas akut (ISPA) akan mengalami peningkatan, khususnya di kota-kota besar seperti Ibukota Jakarta dan sekitarnya. Perkiraan meningkatnya jumlah penderita ISPA, merupakan dampak semakin banyaknya pengendara sepeda motor yang melakukan aktivitas sehari-hari di jalan raya, tanpa menggunakan pelindung yang memadai seperti jaket dan masker.

“Pengendara sepeda motor di jalan akan mengalami risiko terbesar dari serangan penyakit ISPA, hingga bronchitis atau TBC,” kata Ketua Presidium ITW Edison Siahaan kepada wartawan di Jakarta, hari ini.
Menurutnya, meningkatnya jumlah warga masyarakat yang beraktivitas dengan menggunakan sepeda motor di jalan raya adalah fakta yang tak terbantahkan. Apalagi jawaban sesaat dengan argumentasi memenuhi kebutuhan tuntutan kebutuhan hidup. Tetapi risiko seperti ancaman dari serangan penyakit ISPA bahkan TBC hendaknya jadi pertimbangan serius.
“Pengendara sepeda motor di jalan raya berpotensi secara langsung menghirup udara yang tercemar polusi sekaligus menimbulkan penyakit ISPA dan berbagai penyakit lainnya,” tegas Edison.
Pihaknya mendesak pemerintah agar melakukan sosialisasi secara masif dampak buruk akibat penyakit ISPA yang disebabkan aktivitas sehari-hari di jalan raya. Sekaligus memberikan solusi efektif untuk dapat mencegah terjadinya peningkatan jumlah penderita penyakit ISPA.
ITW mengingatkan, angin yang mengenai dada dan polusi udara yang terhirup saat mengendarai motor menjadi pemicu utama munculnya penyakit ISPA, TBC. Hendaknya pengendara menggunakan pelindung yang memadai seperti jaket dan masker.
Secara tegas, Edison mengatakan, apabila kondisi seperti ini terus dibiarkan, adalah sebuah kegagalan pemerintah mewujudkan masyarakat yang sehat dan sejahtera. Sekaligus ancaman serius terhadap potensi sumber daya manusia. Sebab, cita-cita kemerdekaan hanya dapat diwujudkan jika generasi bangsa Indonesia sehat dan sejahtera. #rel
Baca:  Kecelakaan Maut Tanjakan Emen Harusnya Jadi Momentum Wujudkan Kamseltibcarlantas
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Cegah Stanting Libatkan Tokoh Agama dan Masyarakat

Palembang, BP–Woman Crisis Center (WCC) melibatkan para tokoh agama dan masyarakat membuat program cegah Stanting di Kabupaten Banyuasin. Mereka dibekali ...