Home / Headline / KPU Bawaslu Sumsel Cek Keabhasan Ijasah SMA Bapaslon Gubernur Sumsel

KPU Bawaslu Sumsel Cek Keabhasan Ijasah SMA Bapaslon Gubernur Sumsel

Palembang, BP
Pihak KPU Dan Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) saat ini tengah melakukan verifikasi faktual ijasah SMA milik Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel.
“Kalau saya kebagian ijasah Yudha Pratomo Mahyudin yang katanya sekolah di SMA Taruna Nusantara Magelang,” kata anggota KPU Sumsel Liza Lizuarni, Minggu (14/1)
Tujuan verifikasi faktual ini menurut, Liza untuk meyakinkan saja bahwa benar mereka ini tamat SMA.
“Seluruh calon kami verifikasi ijasah SMAnya bersama Bawaslu, ada yang ke Jakarta , Lahat, Magelang, Bandung, ada komisioner, ada sekretariat, karena kalau mau komisioner semua tidak tercover tapi kami usahakan ada komisionernya,” katanya.
Seperti ijasah SMA H Syaifuddin Aswari di SMA Santo Yosef, Lahat, Giri Ramandha SMAnya di Jakarta, Irwansyah di Bandung, ada di Palembang.
“Verifikasi penelitian berkas itu sampai tanggal 16 Januari , ketika dia selesai pendaftaran , penelitian berkas mulai tanggal 10 Januari sampai 16 Januari, tanggal 17 Januari kami akan memberitahukan hasilnya, termasuk hasil pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani serta bebas penyalahgunaan narkoba, itu akan kami beritahukan kepada pasangan calon tanggal 17 Januari, itu ada berita acara hasil penelitian dokumen ini , “ katanya.
Lalu tanggal 18 Januari -20 Januari 2018 saatnya , Bapaslon memberikan perbaikan , jika memang belum memenuhi syarat, menyerahkannya kembali ke KPU Sumsel paling lambat tanggal 20 Januari 2018.
Dan setelah ini ada lagi masa penelitian berkas perbaikan yang telah dikembalikan ke KPU Sumsel.
“ Jika legalisir ijasahnya scan itu belum memenuhi syarat nanti akan kita perbaiki lagi , minta yang cap basah dan sebagainya itu untuk syarat calon, kalau syarat pencalonan dia selesai dan clear dia harus ada dan sah saat pendaftaran,” katanya.#osk

x

Jangan Lewatkan

Cabuli Mahasiswi, Oknum PNS Divonis 6 Tahun

Palembang, BP–Terbukti melakukan persetubuhan, Viar Mediansyah (33) dijatuhi hukuman enam tahun penjara oleh majelis hakim dalam persidangan di Pengadilan Negeri ...