Home / Palembang / Bangun IPAL Komunal di 40 Titik

Bangun IPAL Komunal di 40 Titik

Kabid Perumahan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kota Palembang Albert Midianto

Palembang, BP — Untuk mengurangi pembuangan limbah secara sembarang, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kota Palembang kembali membangun 40 instalasi pengolahan air limbah (IPAL) Komunal Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) di tahun ini.

Kabid Perumahan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kota Palembang Albert Midianto mengatakan, tahun lalu saja pihaknya telak membangun di 17 titik yang tersebar di beberapa kawasan tergolong kumuh. Satu ipal komunal ini mampu mengcover limbah dari 50 unit rumah.

Baca:  Kejar Penyelesaian Sembilan Bak IPAL

Ia mengatakan, pembangunan IPAL tersebut sudah dilakukan tahun lalu, pembangunan IPAL ini tersebar di kawasan kumuh yang ada di Kota Palembang. “IPAL ini sudah ada di kawasan Sukarami, Kertapati, SU I dan SU II, memang pembangunan difokuskan di wilayah pinggiran yang belum memiliki pengolahan air limbah,” katanya, Selasa (9/1).

Albert menambahkan, tahun 2018 ini pihaknya juga akan membangun instalasi pengolahan air limbah ini di 40 titik lagi. “Program Sanimas yang merupakan program kolaborasi dengan bedah rumah, perbaikan infrastruktur jalan, persampahan, drainase, dan lainnya,” katanya.

Baca:  IPAL Perkotaan Segera Dibangun

Dengan program Sanimas ini, limah rumah tangga tidak langsung dibuang ke sungai tetapi diolah terlebih dulu dengan instalasi pengolahan air limbah ini. “Selama ini limbah rumah tangga langsung dibuang ke sungai atau ke saluran, sehingga mengotori lingkungan dan membuat lingkungan terlihat kumuh,” jelasnya.

Untuk pembangunan IPAL ini sendiri, Albert mengatakan, diperlukan lahan yang dihibahkan oleh masyarakat. Karena ini, pembangunan IPAL ini tidak tersebar di 18 kecamatan. “Saat ini pembangunan IPAL ini difokuskan di kawasan Seberang Ulu, karena kawasan ini tingkat kumuhnya paling tinggi,” katanya. #pit

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

ST12 ‘Ngamen’ di LRT Sumsel

Palembang, BP — Berada di Kota Palembang, Band ST12 berkesempatan menjajal kereta api ringan atau Light Rail Transit (LRT) Sumatera Selatan. ...