Home / Olahraga / 12 Punggawa Sumsel Turun di Asian Para Games 2018

12 Punggawa Sumsel Turun di Asian Para Games 2018

IST: Atlet disabilitas Sumsel berprestasi saat disambut oleh Gubernur Sumsel H Alex Noerdin di Griya Agung

Palembang, BP– Perhelatan olahraga akbar Asian Games 2018 pada Agustus mendatang di DKI Jakarta dan Palembang tinggal hitungan bulan, pun juga Asian Para Games yang bakal digeber pada bulan Oktober ditahun yang sama bagi para atlet difabel bangsa-bangsa Asia.

Benar saja, sebanyak 12 atlet andalan National Paralympic Committee (NPC) Sumsel secara resmi memperkuat Merah Putih pada pesta olahraga bangsa-bangsa Asia kaum disabilitas pada Oktober 2018 mendatang.
Kepastian 12 jawara Sumsel tersebut setelah diterbitkannya nama mereka untuk menghuni Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) di Solo hingga pelaksanaan Asian Para Games 2018 nanti.
“Ya, nama-nama mereka sudah turun dan besok mereka sudah mulai masuk ke tim pelatnas,” ujar Ketua Umum NPC Sumsel, Ryan Yohwari, Minggu (7/1).
Lanjut pria yang juga juara dunia bulutangkis tersebut bahwa kesepuluh atlet Sumsel yang memperkuat Indonesia di Asian Para Games tersebut adalah Hendri Radiah dari anggar, Maksum Firdaus, Hendi Wirawan, Adji Hartono dan Yuni dari catur.
Selanjutnya, Agustinus Tinambela dan Ricka Oktavia dari atletik, Elisa dari bolling, Fitri dari goolball, Rahmat Hidayat dari tenis, Jendy Pangabean dan M Beijita dari renang.
“Sebenarnya ada tambahan saya, tapi saya memilih mundur karena saya akan fokus ke pembinaan NPC di Sumsel,”terang Ryan.
Dengan diturunkannya nama-nama resmi ini diharapkan Sumsel mampu mempersembahkan target empat emas yang telah dipersiapkan. Meskipun berat, target ini dipikul namun Ryan berharap para punggawa Sumsel mampu mencapai target.
“Seperti mereka persembahkan saat ASEAN Para Games tahun lalu, dan disambut baik oleh Presiden RI, pun juga Asian Para Games tahun ini. Memang skalanya lebih kompetitif, tapi kita berharap anak-anak tetap optimis,”harapnya.
Saat ini sendiri lanjut Ryan, 10 atlet yang telah masuk Pelatnas akan bertambah hingga beberapa bulan ke depan. Pasalnya, masih ada beberapa yang masuk dalam promosi dan degradasi atlet jelang Asian Para Games 2018.
Sementara itu dikatakan Jendy Pangabean bahwa pihaknya pekan ini akan melanjutkan program Pelatnas di Solo mulai pekan ini setelah sempat pulang ke kampung halaman. Jendy sendiri mengaku akan turun dienam nomor pada ajang olahraga Asia ini.
“Yang pasti dinomor spesialis 100 meter gaya punggung dan kupu-kupu serta gaya ganti yang lain belum masih menunggu,”terangnya.
Disinggung mengenai target, Jendy bisa mempersembahkan yang terbaik untuk Indonesia pasalnya ajang ini diikuti 42 negara beda dengan ASEAN Para Games di Malaysia tahun lalu yang skala Asia Tenggara dengan 11 negara. “Mudah-mudahan bisa naik podium ya,”pungkasnya. #sug
Baca:  Sumsel Borong Enam Keping Emas di Kejurnas
x

Jangan Lewatkan

Gulirkan Turnamen Galatama 2018

H Handry Pratama Putra   Palembang, BP Galatama hadir kembali. Namun bukan seperti kompetisi sepakbola paling bergengsi di Indonesia pada ...