Home / Headline / Tantangan Untuk Gubernur Sumsel ke Depan Makin Berat

Tantangan Untuk Gubernur Sumsel ke Depan Makin Berat

Kawasan Ekoomi Khusus Tanjung Api Api.

Palembang, BP–Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilakda) Sumatera Selatan yang akan berlangsung tahun depan sebagai ajang demokrasi bagi masyarakat untuk memilih pemimpin. Diharapkan gubernur terpilih lebih peduli terhadap kehidupan masyarakat dan membawa Sumsel lebih maju dan berkembang lagi.

“Dua fungsi Gubernur sebagai perpanjangan tagan pemerintah pusat dan sebagai kepala daerah,” kata Dosen Fisip Unsri, Dr Husni Tamrin, saat disikusi publik di Hotel Batiqa, Rabu (27/12).

Baca:  KEK TAA Berpeluang Jadi Kawasan Industri Prioritas

Dilanjutkan Tamrin, secara teoritis ada tiga aspek Gubernur Sumsel ke depan, memiliki tingkat sosial yang tinggi, manajerial, dan menjadi teladan bagi masyarakat.

“Gubernur yang diinginkan gubernur yang luar biasa yang punya karakteristik. Gubernur yang peduli dengan masyarakat dan kepada provinsi Sumsel. Jangan percaya kalau ada calon gubernur yang mengatakan tidak akan mengambil haji ketika terpilih,” jelas Tamrin.

Baca:  Sumsel Daerah Paling Aman Untuk Berinvestasi

Pengamat Sosial Politik Dari Universitas Sriwijaya, Bagindo Togar beranggapan, calon pemimpin yang akan ikut dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur/Wakil Gubernur Sumsel 2018 mendatang harus memiliki standar minimal yang menyamai pemimpin Sumsel saat ini.

“Kita semua tahu Pak Alex Noerdin sudah memimpin Sumsel lebih kurang 10 tahun dengan banyak perkembangan di semua sektor. Tapi tidak cukup dengan itu. Masyarakat juga perlu dicerdaskan beriringan dengan perkembangan daerah itu sendiri,” ujarnya.

Baca:  BRI Lirik Potensi Bisnis KEK TAA

Menurutnya, indikasi keberhasilan kepemimpinan seorang pemimpin itu bisa dilihat dari kecerdasan masyarakat untuk berpikir kritis terhadap pemerintahan. Jika rakyat kritis dengan pemerintahan, maka otomatis pemerintahan harus kuat dalam melakukan pembangunan. #osk

x

Jangan Lewatkan

Koko Gunawati Thamrin Terancam Dibawa Paksa

Palembang, BP Pada Kamis,(25/1) tersangka Koko Gunawati Pandarmi O alias Koko Gunawati Thamrin yang merupakan Warga Jalan Bangau, Kelurahan Duku, ...