Home / Hukum / Maling Sedot 6.000 Liter Minyak Mentah dari Pipa

Maling Sedot 6.000 Liter Minyak Mentah dari Pipa

Edi Sumarno, pelaku pencurian minyak mentah diamankan di Mapolsek Panukal Abab.BP/NURUL

Muaraenim, BP–Selama melancarkan aksinya, setidaknya Edi Sumarno (37) dan komplotan nya sudah menggasak 6.000 liter minyak mentah milik PT Medco Energi dari line pipa di KM 46, Desa Sukaraja, Kecamatan Penukal Abab, Kabupaten PALI.

Tersangka yang sudah masuk daftar pencarian orang (DPO) selama satu bulan terakhir karena merugikan perusahaan sampai Rp571 juta ini dibekuk anggota Unit Reskrim Polsek Penukal Abab.

Baca:  Maling Spion Mobil Ditembak

Dalam melancarkan aksi ilegal tapping tersebut, tersangka Edo Siswato berperan mengawal rekan-rekannya yang tengah melakukan pencurian minyak dengan cara menyedot minyak tersebut dari line pipa, pada 4 November lalu.

Namun tindakan para pelaku diketahui tim Satgas PAM PT Medco yang tengah melakukan patroli dan saat itu petugas menemukan klam dan kran pada pipa penyalur di lokasi tersebut telah dirusak.

Baca:  Rumah Dibobol Maling Saat Ditinggal Tarawih

Setelah dilakukan penyisiran, petugas menemukan satu unit mobil truk canter di dekat rumah milik warga yang berjarak sekitar 50 meter dari lokasi penyedotan.

Serta dalam penyergapan tersebut, petugas juga mengamankan dua rekan tersangka yang saat ini tengah menjalani proses hukum. Sedangkan tersangka dan beberapa rekannya yang lain berhasil meloloskan diri.

Meski setelah kejadian pelaku sempat menghilang, namun berhasil diamankan setelah ia kembali ke rumahnya di Kecamatan Penukal Abab, Kabupaten PALI.

Baca:  Beraksi Pakai Jaket Ojek Online, Pencuri Motor Dihajar Warga

Kapolres Muaraenim AKBP Leo Andi Gunawan melalui Kapolsek Penukal Abab AKP Acep ketika dikonfirmasi membenarkan penangkapan tersebut dan saat ini tersangka masih menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

“Saat ini kasusnya sedang dilakukan pengembangan dan anggota di lapangan juga masih melakukan pengejaran terhadap rekan-rekan tersangka,” katanya, Kamis (28/12).

Atas perbuatan tersebut, Acep menambahkan, tersangka akan dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian disertai pemberatan. # nur

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

BUMN Jangan Jadi ATM Penguasa

Jakarta, BP–Anggota Komisi VI DPR Supratman mengatakan, untuk meningkatkan penerimaan negara dari sektor BUMN pihaknya sedang melakukan pembahasan harmonisasi tentang ...