Home / Headline / Carut Marut Kebijakan Rekayasa Lalulintas Kota Palembang

Carut Marut Kebijakan Rekayasa Lalulintas Kota Palembang

BP/DUDY OSKANDAR
Kemacetan yang terjadi di Jalan Angkatan 45 samping Palembang Icon Mall, Selasa (26/12).

Palembang, BP
Sekitar dua bulan terakhir dilakukan Perubahan penataan arus atau rekayasa lalulintas persis dipusat Kota Palembang. Kebijakan itu dilakukan takkala beberapa Minggu peresmian beroperasionalnya Pusat Perbelanjaan Modern yang tidak begitu jauh dari pusat pemerintahan Provinsi serta perniagaan yang kepadatan arus lintasnya cukup ramai di kota Palembang.
“Kebijakan akan efektif ketika design policynya benar serta didukung dgn instrumen infrastruktur yang cukup. Keadaan seperti ini sudah berlangsung sekitar 2 bulanan, akibat kebijakan rekayasa arus lalulintas, yang diharapkan serta bertujuan untuk memperoleh situasi lalulintas yang lebih baik. Realitas yang ada malah sebaliknya. Efek dari policy yang dilakukan Pemerintah Kota ini, mengakibatkan pemborosan waktu tempuh berkendara yang cukup lama, macet yang semakin hebat, Pemborosan BBM, Energi dan potensi pembiayaan lainnya,” kata Bagindo Togar BB yang juga Ketua IKA FISIP Universitas Sriwijaya (Unsri) yang juga pemerhati masalah sosial dan politik, Selasa (26/12).
Seharusnya menurutnya, Pemerintah Kota jangan ragu dan malu bila harus mereview maupun mendeterminasi kebijakan yang terlanjur diputuskan.
“Tunjukkan kepada publik bahwa pemerintah hadir dalam permasalahan besar yang dihadapi oleh warga Kebanyakan disetiap harinya. Jangan biarkan situasi ini menuju kearah yang lebih buruk. Terkesan Pemko sangat lamban dan tidak peka atas permasalahan baru yang melanda warganya,” katanya.
Menurutnya, sesungguhnya kebijakan dilaksanakan bertujuan untuk mengurangi atau bila mungkin meniadakan masalah. Akan tetapi, dalam hal policy rekayasa lalulintas yang ditempuh oleh Pemerintah Kota Palembang di sentra aktifitas masyarakat pengguna prasarana jalan maupun transportasi urban, jelas sangat menimbulkan permasalahan baru yang menambah parahnya situasi juga kondisi kelalulintasan, alias Carut Marut, Suasana semakin super Macet, Penat juga Kumuhnya lingkungan area jalan A Rivai, Kampus, Angkatan 45 , Sumpah Pemuda, Jalan Radial dan sekitarnya.

BP/DUDY OSKANDAR
Kemacetan yang terjadi di Jalan Angkatan 45 samping Palembang Icon Mall, Selasa (26/12).

“Pada Akhirnya, warga akan bertanya secara bersama, dalam rangka kepentingan pihak pihak mana, maka kebijakan perubahan arus maupun arah berlalulintas ini dilakukan?? Juga, apakah pemerintah tidak melakukan kajian yang komprehensif maupun profesional dalam merumuskan kebijakan ini? secara rasional berdasarkan realitas situasi aktifitas lalulintas perkotaan dalam beberapa waktu terakhir, sangat bijak juga layak untuk menarik kembali kebijakan tersebut, sehingga kita tidak terjebak dalam ” kebijakan yang tidak bijak “. Atau kita harus menunggu hadirnya pemimpin baru yang lebih mampu menemukan ” Jurus Jitu ” untuk mengatasi permasalahan-permasalahan publik seperti ini?? “ katanya.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Danlanud SMH Pimpin Pantukirda Casis Tamtama Lanud SMH

Palembang, BP Komandan Lanud Sri Mulyono Herlambang kol Pnb Heri Sutrisno, S.IP, M.Si., memimpin langsung oleh Pantukirda Casis Tamtama serta ...