Home / Headline / Pelajar SMPN 1 Pelajari Dasar Jurnalistik

Pelajar SMPN 1 Pelajari Dasar Jurnalistik

Palembang, BP

PELATIHAN JURNALISTIK-Pembina OSIS SMPN 1 Palembang Munari bersama siswa-siswi dan Redaktur BeritaPagi Ferly Marison, foto bersama usai mengikuti pelatihan jurnalistik dasar, Kamis (21/12).

Sekitar 40 siswa dan siswi Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Palembang, mendapatkan pelatihan jurnalistik tingkat dasar. Materi diisi Pemimpin Perusahaan dan Redaktur Harian Umum BeritaPagi Firdaus Komar dan Ferly Marison. Kegiatan ini bertujuan memberikan pembekalan kepada para siswa terkait dasar-dasar jurnalistik sebagai bekal kemampuan di bidang non akademik.

Pembina Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMPN 1 Palembang Munari mengatakan, mengemukakan selain melatih siswa mengasah potensi dan bakat mereka di bidang jurnalistik, pelatihan ini bertujuan pula untuk meningkatkan kemampuan membaca serta menulis siswa untuk kemudian dituangkan dalam pembuatan majalah dinding (mading sekolah)

“Jumlah siswa yang ikut pelatihan 40 orang dari kelas 7, 8 dan 9. Harapannya mereka mengerti dasar-dasar jurnalistik dan bisa menuangkannya pada mading sekolah. Kami harap pelatihan-pelatihan semacam ini terus di gelar agar para siswa mendapatkan bekal yang lebih untuk meraih sebuah keberhasilan,” kata Munari yang mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia saat membuka acara di SMPN 1 Palembang, Kamis (21/12).

Sementara Pemimpin Perusahaan BeritaPagi Firdaus Komar memberikan penjelasan singkat terkait apa itu berita dan tugas seorang wartawan serta kegiatan jurnalistik. Menurut dia, dalam sebuah media massa bukan hanya wartawan, melainkan ada juga layout dan fotografer yang mendesain halaman dan mengisi foto di halaman koran.

“Jurnalistik berasal dari kata jurnal yang berarti laporan, yang membuat laporan adalah wartawan atau reporter. Tugas wartawan membuat berita yang berupa informasi sesuai fakta untuk dituangkan dalam karya tulis. Namun berita yang dibuat harus sesuai fakta dan bisa dipertanggungjawabkan,” kata Firdaus Komar.

Sementara Redaktur Pendidikan dan Olahraga Ferly Marison memberikan materi dasar-dasar jurnalistik seperti apa itu berita, proses kerja jurnalistik, dan teknik reportase seorang wartawan dalam mengumpulkan berita. Selain itu, dijelaskan juga teknik wartawan dalam menulis berita.

“Wartawan dituntut untuk mematuhi asas 5 W+ 1 H yang bertujuan untuk memenuhi kelengkapan berita. Asas ini terdiri dari WHAT (apa yang terjadi), WHO (siapa yang terlibat dalam kejadian tersebut), WHY (mengapa terjadi), WHEN (kapan terjadinya), WHERE (di mana terjadinya), dan HOW (bagaimana cara terjadinya). Selanjutnya, berita disunting oleh redaktur, kemudian naskah di-layout yang merupakan tahap akhir dari proses kerja jurnalistik. Setelah proses ini selesai, naskah dibawa ke percetakan untuk dicetak sesuai oplah yang ditetapkan,” jelas Ferly.

Selain itu dijelaskan juga soal sifat-sifat berita antara lain, harus cover both side (berimbang dan adil), tidak bersifat opini, tidak memihak, bukan berita fitnah dan tiga mengandung unsur SARA. Kemudian, berita yang disajikan harus mudah ditangkap pembaca secara jelas.

“Utuk mengungguli media elektronika. Wartawan media cetak harus mencari pendalaman dan informasi-informasi tentang peristiwa yang kurang dapat disajikan secara analisis oleh media elektronik. Selain itu, dalam manulis berita harus menggunakan Piramida Terbalik di mana wartawan harus mampu mengangkat intisari suatu berita untuk dijadikan lead atau teras berita,” pungkasnya.

Dalam pemaparan materi sekitar tiga jam itu, siswa dan SMPN 1 Palembang, cukup antuasis dan banyak bertanya seputar jurnalistik seperti unsur berita, hak jawab seorang wartawan, hingga perbedaan antara penulis dan seorang wartawan.

“Saya pernah menulis berita terkait kemacetan namun tidak semua unsur jurnalistik terpenuhi dalam tulisan saya. Semoga dengan pelatihan ini lebih membantu kemampuan saya dalam menulis sebuah berita,” kata seorang siswi bernama Devi.

#fer

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

DPP PDI Perjuangan Targetkan Untuk Sumsel Raih 30 Persen Perolehan Kursi

Palembang, BP Pembukaan Rapat Koordinasi Daerah IV dan Pembekalan  Calon Anggota Legislatif PDI Perjuangan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel)  di Asrama ...