Home / Pendidikan / Jelang Pesta Demokrasi Permira, KPU-M dan Panwaslu Perkuat Konsolidasi

Jelang Pesta Demokrasi Permira, KPU-M dan Panwaslu Perkuat Konsolidasi Pemira Dema-U UIN Raden Fatah Palembang

PEMIRA: Tim KPU-M dan Panwaslu UIN Raden Fatah Palembang saat menggelar rapat persiapan Pemilihan Raya (Pemira), Kamis (21/12).

Palembang, BP— Gelombang Pesta Demokrasi Pemilihan Mahasiswa Raya (Pemira) jelang pencoblosan lebih dari 18.000 mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang terus berjalan. Berbagai sosialisasi dan adu gagasan terus digencarkan layaknya Pemilu atau Pilkada. Bahkan, gelombang aksi demo juga turut diwarnai.
Apalagi, tingginya animo mahasiswa dan dukungan sesama timses menjadikan Pemira layaknya Pilkada. Sehingga pihak Kampus yang masuk dalam jajaran Panitia Pengawas Pemira (Panwaslu) bersama Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPU-M) gencar melakukan sosialisasi anti kekerasan, anti kekacauan dan pro kedamaian.
Ketua KPUM Pemira 2017 UIN Raden Fatah Palembang, Wahyu Al Ichsan mengatakan, salah satu upaya yang dilakukan panitia untuk menyukseskan dan meredam kericuhan dalam perayaan pesta demokrasi tahunan yang ada di kampus peradaban Melayu tersebut melalui sosialiasi secara maksimal terkait pelaksanaan Pemira kepada semua mahasiswa.
 “Dengan sosialiasi secara maksimal, kita berharap penyelenggaraan Pemira di UIN Raden Fatah bisa berjalan dengan baik,” ujar Wahyu, Kamis (21/12).
Dijelaskan Wahyu, tahapan pelaksanaan Pemira UIN Raden Fatah Palembang tahun 2017 sendiri sudah memasuki masa kampanye sejak 19-21 Desember 2017, dilanjutkan tanggal 22-23 Desember dengan agenda masa tenang, 24 Desember Penerimaan berkas KPUM dan tanggal 27 Desember dilakukannya proses pencoblosan.
“Tanggal 28 Desember penetapan hasil Pemira dan tanggal 29 Desember slot banding jika ada pihak yang tidak puas terhadap hasil yang telah ditetapkan,” tegasnya.
Ditambahkannya, ada dua calon Ketua Umum (Ketum) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UIN Raden Fatah Palembang periode 2018 yakni di nomor 1 ada pasangan Amrullah Maulana Fikri dan Siti Khoiriah untuk ketua dan wakil BEM Universitas yang diusung tim pemenangan Tim Salam dan Imam Santoso dan Rika Febriyansi sebagai ketua dan wakil BEM Universitas dengan tim pemenangan Laskar  Ulul Albab.
“Untuk Daftar Pemilih Tetep (DPT) sendiri berkisar 18 ribu mahasiswa yang berstatus masih aktif di kampus,” ujarnya.
Sementara itu, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Remira UIN Raden Fatah Palembang tahun 2017, Choirun Niswah  mengatakan, pelaksanaan Pemira diharapakan bisa berjalan dengan baik. Salah satunya dengan gencar melakukan sosialisasi kepada mahaiaswa agar pelaksanaan Pemira bisa berjalan dengan baik.
 “Pemira ini ajang berpolitik bagi mahasiswa, jadi harus dimanfaatkan mahasiswa secara maksimal tanpa harus ada kerusuhan,” tegasnya.
Choirun yang juga Wakil Dekan Fakultas Tarbiyah UIN Raden Fatah Palembang tersebut menghimbau jangan ada pertikaian antar sesama mahasiswa hingga usai masa Pemira.
“Siapapun yang terpilih sebagai Ketua Umum Dema-U mereka adalah Anak-abak kota dan rekan mahasosea sekalian. Sehingga kita berharap mahasiswa lebih menjunjung sportifitas dan perdamaian,”pungkasnya. #sug
Baca:  Fakultas Adab Gelar Orientasi Maba 2017 Program Magister SKI
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

23.574 Peserta Tak Lolos SNMPTN

Palembang, BP–Setelah menjalani serangkaian tes Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018, sebanyak 23.534 dinyatakan tidak lolos. Dengan demikian ...