Home / Sumsel / Amankan Pilkada 2018, Polda Sumsel Terjunkan 9.300 Personel

Amankan Pilkada 2018, Polda Sumsel Terjunkan 9.300 Personel

Palembang, BP–Polda Sumsel akan mengerahkan 9.300 personel untuk mengamankan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2018 mendatang.
Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Panwaslu serta KPU Sumsel. “KPU dan Panwaslu yang memiliki jadwal dan aturannya. Nanti kami hanya memngikuti saja aturan mainnya karena kami terlibat dalam pengawasan  dan pengamanan,” ujarnya, Kamis (21/12).
Kapolda menjelaskan, pengamanan yang dilakukan terbagi dalam empat tahap. Yakni pengamaanan jadwal kegiatan tahapan, pengamanan logistik, pengamanan penghitungan suara, serta pengawalan kotak suara.
“Dalam setiap calon kepala daerah nantinya kami pun menempatkan beberapa anggota yang menempel terus. Termasuk pengamanan dan  pengawal tim sukaes para calon. Di tengah masyarakat pun selalu ada  pengamanan untuk mencegah terjadinya keributan massa,” jelasnya.
Sejauh ini, Zulkarnain mengakatan, masih proses pendaftaran dan sejauh ini aman. Pihaknya pun terus berkoordinasi dengan Panwaslu dan KPU.
Dalam segi pengamanan dan antisipasi konflik, pihaknya pun berkordinasi dengan TNI.
“Sejauh ini Sumsel zero konflik. Namun biasanya apabila sedang pilkada kondisi akan menghangat. Makanya selalu akan kami antisipasi setiap pontensi konflik yang ada,” jelasnya. #idz
Baca:  Warga Batak di Sumsel Bersatu Dukung Zero Konflik
x

Jangan Lewatkan

Gubernur Sumsel Harus Mengakomodasi Rencana Pemekaran Wilayah Palembang

Palembang, BP Anggota Komisi I DPRD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Elianuddin HB melihat, secara demografi, tofografi dan sosial ekonomi yang ...