Home / Headline / RSMH Tangani Empat Pasien Terduga Virus Difteri

RSMH Tangani Empat Pasien Terduga Virus Difteri

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Moehammad Hoesin Palembang

Palembang, BP— Belakangan ini kasus penyakit Difteri hangat diperbincangkan secara nasional oleh masyarakat. Pasalnya, virus ini hampir menjalar kebeberapa daerah. Sebut saja Jogjakarta yang mencatat bulan Desember 2017 mencapai 14 pasien yang meninggal dari 153 kasus.

Bahkam, virus difteri kini merambah ke Sumatera Selatan, kali ini tercatat ada empat anak-anak diduga mengidap difteri. Mereka kini tengah menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Pusat Muhammad Hoesin (RSMH) Palembang.
Humas RSMH Palembang Hidayati membenarkan, sebenarnya ada lima anak yang terduga terkena virus difteri, tetapi saat diperiksa lebih lanjut melalui laboratorium dinyatakan negatif jadi diperbolehkan pulang.
“Ke empat diduga mengidap virus difteri saat ini dirawat secara intensif di Bangsal kemuning,” ujar Hidajati saat dibincangi terkait kasus pasien difteri, Senin (18/12).
Disinggung mengenai nama dari keempat pasien tersebut, Hidayati enggan menyebutkan inisial dan asal para pasien. Menurut dia, hal itu merupakan kewenangan Dinas Kesehatan.
“Itu bukan wewenang kami, termasuk kapan mulai dirawat. Yang pasti kondisinya baik,” ujarnya.
Hal senada juga dikatakan, dr Yulia Iriani selaku dokter penanggung jawab pasien mengatakan, keempat pasien dirawat di ruang isolasi sebagaimana tata laksana penanganan pasien terduga difteri. Pihaknya sudah mengambil sampel darah para pasien untuk diperiksa di laboratorium.
“Sejauh ini hanya diduga, tapi penangananya sudah sesuai protap,” katanya.
Dijelaskannya, indikasi dugaan difteri itu karena keluhan para pasien menunjukkan ciri-ciri khusus. Seperti peradangan pada rongga tenggorokan dan saluran tenggorokan  bagian paling bawah.
“Mudah-mudahan hanya dugaan saja, tapi kita tunggu hasil lab dulu,” tambahnya.
Pihaknya menjelaskan bahwa penyakit ini muncul karena adanya bakteri Cprynebacterium diphtheriae yanh menyerang saluran pernafasan.
Selayaknya virus, bakteri ini masuk ke tubuj lewat percikam udara ketika seseorang batuk, bersin atau berbicara. #sug
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Komisi II DPRD Sumsel Pelajari Kinerja BUMD di Jakarta

Palembang, BP   Komisi II DPRD Sumatera Selatan (Sumsel) melakukan kunjungan kerja ke PT Food Station Tjipinang Jaya  di Kantor ...