Home / Headline / 2.089 Personil Polda Sumsel, TNI Dan Instansi Terkait Siap Amankan Natal Dan Tahun Baru 2018

2.089 Personil Polda Sumsel, TNI Dan Instansi Terkait Siap Amankan Natal Dan Tahun Baru 2018

BP/IST
Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara

Palembang, BP
2.089 personil dari Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan (Sumsel) dibantu jajaran Kodam II Sriwijaya, serta instansi terkait siap mengamankan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2018.
Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara mengatakan, pengamanan yang dilakukan terutama untuk gereja, beberapa objek vital lainnya seperti, mal, tempat-tempat keramaian, tempat hiburan, serta arus mudik. Serta dalam natal nanti tetap mewaspadai adanya terorisme.
“Dalam pengamanan mendatang yang dimulai dari 22 Desember – 2 Januari kami akan mengerahkan sebanyak 2.089 personil meliputi TNI, Dishub, dan instansi terkait lainnya. Khusus gereja akan berkoordinasi langsung dengan pemuda gereja dalam hal pengamanan, terkait terorisme itu juga yang menjadi fokus kami,” katanya, usai menggelar press conference didampingi Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI AM Putranto di Mapolda Sumsel, Senin (18/12).
Ia menjelaskan, dalam pengamanan natal dan tahun baru mendatang, pihaknya juga tidak ada titik fokus yang harus diamankan berlebihan, paling tidak pihaknya memfokuskan para pengunjung gereja. Oleh sebab itu, dalam pengecekan di gereja khususnya pengunjung yang akan melakukan ibadah akan dibantu juga pemuda gereja.
“Nanti selain dibantu dengan pemuda gereja, kita akan menetapkan 10 personel anggota kepolisian dan TNI, jumlahnya pun akan disesuaikan dengan keramaian gereja tersebut,” katanya.
Lebih lanjut Kapolda mengatakan, untuk jumlah gereja yang ada di Sumsel ini sendiri ada 313 gereja, tidak akan memberi toleransi bagi siapa saja yang akan mengganggu jalannya kondusif selama perayaan natal dan tahun baru. Pihaknya juga akan melakukan penjagaan dan pemeriksaan secara teliti untuk objek vital yang akan digunakan untuk ibadah.
“Termasuk gereja kita akan sterilkan. Untuk umat yang akan melaksanakan ibadah kita juga akan cermati. Dengan menepatkan pos pengamanan disetiap titik yang dianggap rawan,” katanya.
Pangdam II Sriwijaya, Mayjen TNI AM Putranto menambahkan ,pihaknya kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka pelaksanaan ibadah Natal 2017 dan tahun baru nanti. Tanpa kerjasama yang baik antar pihak keamanan dengan pihak gereja atau pihak yang berkompeten dengan pelaksanaan kegiatan perayaan Natal dan tahun baru mustahil akan berjalan lancar sesuai harapkan.
“Kalau ada info sekecil apapun terkait perayaan natal yang akan mengganggu segera laporkan ke pihak yang berwenang, agar segera bisa diambil tindakan. Sehingga tidak mengganggu peleksanaan kegiatan yang sudah direncanakan,” katanya.
Menurutnya, dalam pengamanan Natal dan tahun baru, personil TNI juga akan diterjunkan untuk menjaga iklim kondusivitas. Termasuk saat pelaksanaan ibadah natal di gereja, personil TNI turut mengamankan bersama-sama dengan aparat kepolisian.
“Rakor pengamanan ini untuk mensingkronkan saat tugas bersama, sekaligus untuk memperkuat persatuan dan kesatuan antara TNI dan Polri. Kita anggota TNI turut membackup dalam setiap keamanan, terutama akan adanya ancaman yang mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat,” katanya.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Prabowo: Rakyat Mendambakan Pemimpin Yang Setia Kepada Rakyat

Palembang, BP Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto masih menanti hasil Pilkada 2018, untuk menjadi acuan dirinya menghadapi Pemilihan Umum ...