Home / Headline / Pulau Cempaka Di TPKS Gandus Jadi Taman Wisata

Pulau Cempaka Di TPKS Gandus Jadi Taman Wisata

BP/DUDY OSKANDAR
Suasana peresmian Pulau Cempaka di Komplek TPKS Gandus, Jumat (15/12).

Palembang, BP

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumsel Irene Camelyn Sinaga mengatakan, kalau Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya (TPKS) Gandus luasnya 72 hektar didalamnya ada dua pulau yaitu pulau Cempaka dan Pulau Nangka.
Hari ini, Jumat (`5/12) pihaknya, membuka dan meresmikan pulau Cempaka untuk umum sebagai taman wisata dan tahun depan dilanjutkan di Pulau Nangka
Menurutnya, Pulau Cempaka dan Pulau Nangka tinggalan yang terdapat dikedua pulau itu adalah tinggalan Kerajaan Sriwijaya yang belum di gali namun dia tidak tahu sampai kapan di gali dua pulau ini , untuk itu kedua pulau itu di tata dengan baik dan rapi sehingga bisa menambah income bagi PAD Sumsel.
“Kita tidak bangun apa-apa di pulau itu, tapi lebih kita tata, kalau tidak kita tata akan menjadi sesuatu yang tidak berharga sama sekali, tetapi ketika kita tata dan kita bisa menceritakan dengan infografi kepada masyarakat pengunjungnya , saya kira itu akan berdampak lebih kepada edukatif sehingga hari ini kami membukanya taman wisata bagi anak-anak muda jadi menceritakan tentang sejarah lewat kekinian,” katanya usai meresmikan Pulau Cempaka , di Komplek TPKS Gandus, Jumat (15/12).
Selain itu, tahun 2018 , pihaknya tetap fokus ke pembangunan TPKS Gandus ,” Kita ada 10 fokus untuk Asian Games salah satunya TPKS, tahun depan akan dibangun lagi zona luar, kita fokus di situ aja dulu, karena membangun destinasi tidak bisa satu tahun contoh Almunawar kita selama ini masih tetap bangun,” katanya.
Untuk itu dia mengatakan, pembangunan pariwisata di Sumsel harus fokus , karena jika tidak fokus akan terlalu banyak.

BP/DUDY OSKANDAR
Suasana peresmian Pulau Cempaka di Komplek TPKS Gandus, Jumat (15/12).

”Kita ada 709 objek pariwisata di Sumsel di Palembang saja ada 65, kalau pemerintah daerah, dan kadis-kadisnya tidak fokus ini seperti menabur garam di laut,” katanya.
Sedangkan Kepala UPTD TPKS Gandus, Adi Ramdoni mengatakan, untuk kegiatan ini khusus hari ini pihaknya membiarkan pengelola dan panitia, pengunjung untuk melihat keindahan Taman Wisata Pulau Cempaka sampai malam hari.
“Silahkan bagi rekan-rekannya yang mau hadir silahkan datang kesini nanti ada beberapa games yang kita adakan dan ada hadiahnya,” katanya sembari mengucapkan semua pihak karena acara ini terlaksana.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

DPP PDI Perjuangan Targetkan Untuk Sumsel Raih 30 Persen Perolehan Kursi

Palembang, BP Pembukaan Rapat Koordinasi Daerah IV dan Pembekalan  Calon Anggota Legislatif PDI Perjuangan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel)  di Asrama ...