Home / Headline / Walikota Tentukan Lima Kepala OPD Baru Akhir Desember

Walikota Tentukan Lima Kepala OPD Baru Akhir Desember

Tim pansel seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) untuk lima jabatan tinggi pratama di lingkungan pemerintah kota Palembang. BP/PITRIA

Palembang, BP–Kekosongan jabatan dihindari Pemerintah Kota Palembang dengan mengadakan lelang jabaran terbuka untuk lima kepala Organisasi Kepala Daerah (OPD). Ditargetkan akhir Desember ini, Panitia Seleksi (Pansel) menyerahkan masing-masing tiga nama untuk diseleksi oleh walikota.

Sekda Kota Palembang Harobin Mustofa juga sebagai Ketua Pansel lelang jabatan mengatakan, menggelar seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama untuk mengisi kekosongan jabatan ini merupakan amanat UU ASN, juga upaya peningkatan kompetensi dan profesionalisme serta reformasi birokrasi struktural di Pemerintahan Kota Palembang.
Seleksi ini untuk mengisi kekosongan JPT Pratama di lima dinas terdiri dari Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP), Kepala Dinas Perikanan, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (P3APM). Seleksi digelar selama tiga hari yaitu 14-16 Desember, diikuti 24 pejabat eselon III yang telah memenuhi syarat untuk mengikuti seleksi JPT Pratama.
“Peserta akan disaring menjadi 3 besar untuk direkomendasikan kepada walikota pada akhir Desember ini untuk ditetapkan sebagai JPT Pratama di 5 OPD tersebut. Hasil seleksi ini juga akan dilaporkan ke Komisi ASN,” katanya.
Seleksi JPT Pratama OPD Kota Palembang terdiri dari beberapa tahapan yaiti assesment, portofolio, pembuatan dan paparan makalah, serta wawancara. Menurutnya, penilaian terbesar proses seleksi ini adalah pada assesment yaitu 40 persen, selanjutnya wawancara 30 persen, makalah 20 persen, dan penilaian portofolio atau rekam jejak sebesar 10 persen.
Dirinya mengimbau kepada peserta seleksi untuk serius dan fokus mengikuti seluruh tahapan seleksi. Dirinya berharap peserta seleksi dapat menunjukkan kualitas serta profesionalisme sebagai Aparatur Sipil Negara.
“Seleksi ini adalah sungguh-sungguh dan serius untuk menghasilkan JPT Pratama yang kompeten dan terbaik. Kuasai permasalahan dan persoalan, sebab sebagai calon pemimpin harus berani dan mampu mengatasi dinamika persoalan yang terjadi,” ujarnya.
Kepala BKPSDM Kota Palembang Ratu Dewa mengatakan, lelang jabatan tersebut telah mendapatkan rwkomendasibdari Komisi Aparatur Sipil Negara sehingga pihaknya pun berani melakukan pencarian lima kepala OPD. Kelimanya saat ini dalam posisi kepala dinas dan badannya kosong dan juga memasuki masa pensiun.
“Akhir Desember ini ditargetkan lelang jabatan terbuka yang semua peserta dari dalam kota ini bisa selesai,” ujarnya. #pit
Baca:  Empat Kandidat Resmi Jadi Calon Walikota Dan Wakil Walikota Palembang 2018
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Eza Tri Yandy Jabat Ketua PKC PMII Sumsel

Palembang, BP Eza Tri Yandy SH akhirnya terpilih secara aklamasi sebagai ketua Pengurus Koordinator Cabang (PKC) Perhimpunan Mahasiswa Islam Indonesia ...