Home / Pendidikan / Melihat Lebih Dekat Sosok Hj Agustina

Melihat Lebih Dekat Sosok Hj Agustina Peraih Satya Lencana Karya Satya dari Presiden RI

Hj Agustina SPdi MSi

Palembang, BP— Menjadi abdi negara di dunia pendidikan sekaligus menjadi ibu rumah tangga memang bukanlah hal yang mudah. Apalagi, bisa berprestasi hingga meraih Satya Lencana Karya Satya dari Presiden RI Joko Widodo.

Awalnya, tak banyak masyarakat yang tahu sosok beliau yang saat ini aktif mengabdikan kepada negara dalam hal pendidikan sebagai Kepala Urusan Tata Usaha MTsN (Madrasah Tsanawiyah Negeri) 1 Palembang. Namun, pelan tapi pasti namanya mulai disebut-sebut sebagai wanita karir yang berprestasi.

Menurutnya, sebagai pelayan administratif baginya adalah memberikan yang terbaik. Karena untuk menjadi orang besar adalah memulai yang kecil, yang terbaik dan sesegera mungkin.

“Ya, Alhamdulillah saya diberi amanah sudah dua tahun menjabat sebagai Kepala Urusan Tata Usaha MTsN 1 Palembang ini. Dengan job ini saya berterimakasih dan bisa bekerjasama dengan staf dan dewan guru yang mereka membutuhkan administrasi yang baik memperlancar belajar mengajar,” tutur peraih Satya Lencana Karya Satya dari Presiden RI Joko Widodo tahun 2015 ini.

Baginya, torehan kehormatan dalam mengabdi kepada negara selama 20 tahun dari orang nomor satu Indonesia ini menjadi pelecut semangat untuk lebih bermanfaat dan berkontribusi sebaik mungkin dalam mengemban amanah.

“Artinya, ini adalah stimulus diri untuk lebih meningkatkan semangat dalam menimba ilmu. Bukankah pelatah mengatakan bahwa tuntutlah ilmu hingga ke negeri Cina. Dan ini lah yang kita harus tanamkan,”terang Wanita kelahiran Palembang 2 Agustus 1964 ini.

Sosoknya yang energik dan penyuka tantangan ini kerap mengikuti berbagai pelatihan, simposium maupun pembinaan karakter maupun ledhership. Hal ini menurutnya dirasa perlu di era emansipasi wanita. Sehingga baginya, wanita harus berprestasi dan mampu memberikan kontribusi atas amanah yang diemban.

“Era ini adalah zaman emansipasi, wanita harus mempunyai value. Menjadi ibu rumah tangga adalah kewajiban, namun menjadi wanita berprestasi perlu kita lakukan. Ini penting dan apapun profesinya,”jelasnya.

Apalagi, didunia pendidikan lebih dari 20 tahun mengemban tugas sebagai pimpinan pelayanan administrasi. Mulai dari Kepala Urusan TU MTsN 2 Palembang dan Bendahara MAN 2 Palembang, dan juga Kepala Urusan TU MTsN 1 Palembang saat ini.

Tugas negara tersebut menurutnya menjadi pengalaman bagaimana melayani masyarakat dengan baik.

“Apalagi kita dituntut sifat vertikal. Take and Gift dengan kesejahteraan yang diberikan pemerintah berupa Tukin (tunjangan kinerja) dan uang makan,” terang putri pasangan HM Hasan HAR dan Hj Siti Maryam.

Ibu dari tujuh anak,  buah pernikahannya dengan H Gathmir Hanany mengatakan menjadi tanggungjawabnya bersama Kepsek MTsN 1 Budiman SPdi MM setiap hari menjalankan tugas yang diberikan Kakanwil Kemenag Sumsel HM Alfajri Zabidi MM MPdi dan Kepala Kemenag Kota Palembang H Darami SIP SPdi.

“Akan kami jalani amanah sesuai Tupoksi. Selama ini di struktural. Selagi kita bisa bekerjasama dengan staf. Harus dirangkul sehingga bekerjanya enjoy,” kata Alumni S1 UMP dan S2 Stisipol Candra Dimuka ini.

Sebagai wanita, Agustina mengatakan punya gender yang sama. Bahkan untuk terus berbuat ke masyarakat, setelah pensiun punya keinginan untuk berkiprah terjun ke politik.

“Tapi nanti setelah menyelesaikan tugas ASN nanti. Kenapa terjun ke politik karena akan lebih memudahkan kita untuk menyuarakan dan berkomunikasi dengan masyarakat yang membutuhkan baik moril maupun materiil. Sudah lama cita-cita sejak kecil. Karena gender wanita harus berimbang dengan pria yang dicanangkan Ibu Kartini. Cuma kita kan harus menyelesaikan ASN dulu,” pungkasnya. #sug 

Biodata: 

Nama   : Hj Agustina SPd MSi

Tempat Tanggal Lahir: Palembang, 2 Agustus 1964

No HP : 081632126217

Pekerjaan: PNS unit kerja Kementrian Agama Kota Palembang dan Kepala Urusan Tata Usaha MTsN 1 Palembang

Suami: H Gathmir Hanany

Orang Tua: 

Ayah : H M Hasan H AR

Ibu    : Hj Siti Maryan

Nama anak:

1. Fitri Damayanti SPd — Letkol Kav Teguh Hery Susanto SE MM

2. Alm Reza Fahlevi AMd — drg Santi 

3. Agus Priyono SH — Renny Yunita SH

4. Nizwah Aryani S SSt — Ted Hariman SE

5. A Zulfiqaur AMd

6. Putra Sakti Wahyudin Ssy

7. Alm M Iqbal Wujaya Kusuma

Pendidikan:

SDN 77 Palembang tahun 1977

SMPN 5 Palembang tahun 1984

SMPP Negeri 26 tahun 1984 

S-1 Universitas Muhammadiyah Palembang tahun 2003

S-2 Stisipol Candra Dimuka tahun 2011

Tanda Penghargaan:

Satya Lencana Karya Satya dari Presiden RI 7Joko Widodo tahun 2015 

Pelatihan:

-Simposium (PERHATI KL) IDI tahun 2007 dari Dr Hj Halipah Mahyudin SP THT KL MM

-Internal Audit ISO 9001 2008 Course 2008 tahun 2013

-Pelatihan Pemangkatan Kualitas Laporan Keuangan VIII Kementrian Agama RI Pusdiklat Tenaga Administrasi tahun 2011

x

Jangan Lewatkan

Selasar Tower BEI Ambruk, 93 Mahasiswa UBD Masih Belum Diketahui Kondisinya

Palembang, BP– Peristiwa ambruknya Selasar Tower II Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta membuat kecemasan tersendiri pihak Universitas Bina Darma ...