Home / Headline / Sumsel Siaga Musim Hujan

Sumsel Siaga Musim Hujan

BP/IST
Kepala BPBD Sumsel, Iriansyah

Palembang, BP
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan (Sumsel), gelar Rapat Koordinasi (Rakor) Siaga Banjir dan Tanah Longsor tahun 2017 di Kantor BPBD Jalan Akses Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Senin (11/12).
Kepala BPBD Sumsel, Iriansyah mengatakan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bahwa puncak musim hujan akan berlangsung pada bulan Desember 2017 hingga bulan Januari 2018. Curah hujan kembali normal diperkirakan Febuari 2018.
“Pada kondisi curah hujan yang tinggi ini, BPBD dengan sektor terkait menyikapi dengan menyiagakan mulai dari Dinas Sosial, Dinas PU, Badan SAR, Balai Besar Sungai Wilayah Sumatera,” kata Iriansyah, Senin (11/12).
Menurutnya Sumber Daya Manusia (SDM) maupun peralatan harus tetap siaga bila terjadi banjir dan tanah longsor di Sumsel.
“Kita juga mengajak BPBD kabupaten/kota untuk bersinergi, bila terjadi bencana banjir dan tanah longsor di daerah mereka sudah siaga. Tidak hanya SDM dan peralatan namun juga logistik,” katanya.
Lanjut Iriansyah, dari SKPD juga sudah menyiapkan logistik seperti dari Dinas Sosial yang telah menyiapkan cadangan beras dan santunan berupa uang bila terjadi korban jiwa.
“Badan Ketahanan Pangan juga sudah menyiapkan beras bila terjadi bencana yang menyebabkan gagal panen. Kita juga menyiapkan sarana dan prasarana juga SAR, sebagai bentuk koordinasi semua OPD termasuk TNI, Polri,” katanya.
Dia pun mengatakan, ada sejumlah daerah yang berpotensi terjadi banjir, di antaranya mulai dari daerah Hulu seperti Musi Rawas Utara, Musi Rawas, Pali, Muara Enim, Banyuasin, Musi Banyuasin dan OKI.
“Untuk longsor berada di daerah dataran tinggi seperti Empatlawang, Pagaralam, Lahat, sebagian Muaraenim dan yang terbaru di daerah OKU Selatan,” katanya.#osk

x

Jangan Lewatkan

Raperda PSG Masuk Prolegda

Palembang, BP Terkait anggaran sekolah gratis tahun depan dan raperda Program Sekolah Gratis (PSG) , Sekretaris Komisi V DPRD Sumatera ...