Home / Palembang / PD Pasar Ingin Kelola Pasar 16 Ilir dan Kuto

PD Pasar Ingin Kelola Pasar 16 Ilir dan Kuto

 

Dirut PD Pasar Palembang Jaya, Asnawi P Ratu

Palembang, BP — Pengelolaan Pasar 16 Ilir dan Kuto yang saat ini masih dipegang oleh BOT PT GTP, diyakini PD Pasar Palembang Jaya 2018 akan dikelola oleh pihaknya. Potensi ratusan miliar dari dua pasar tersebut kedepan diyakini bisa menutupi target retribusi pasar yang hampir tidak mencapai target.

Direktur PD Pasar Palembang Jaya, Asnawi P Ratu mengatakan, potensi yang dihasilkan dari dua pasar itu mencapai setengah triliun. Dari pasar 16 Ilir saja, potensi berkisar Rp300 juta – Rp400 juta perbulan. Sedangkan setoran BOT yang diserahkan GTP kepada pemkot hanya Rp95 juta perbulan.

Baca:  Hanya Ada 86 Kios di Pasar 10 Ulu

Sedangkan Pasar Kuto, potensi penarikan retribusi keseluruhannya mencapai Rp100 juta perbulan, tapi yang disetorkan ke pihaknya Rp25 juta. “Dari dua pasar itu potensinya besar sekali, bisa mencapai setengah triliun, sementara sekarang ini target retribusi Rp1,5 miliar saja sulit terpenuhi Karen banyak faktor,” katanya, Kamis (7/12).

Asnawi mengatakan, Berkurangnya penarikan retribusi dari kedua pasar ini cukup berpengaruh, apalagi Pasar 16 ilir yang paling besar memberikan retribusi. Karena itu, PD Pasar akan mengambil alih kembali pengelolaan kedua pasar ini. Sayangnya, PT GTP meminta dana kompensasi sebesar Rp10 miliar.

Baca:  Pasar Maskarebet Perlu Perhatian Pemerintah

“Dana kompensasi yang disyaratkan oleh GTP ini memang cukup besar, tapi kita akan koordinasikan lagi dengan DPRD Kota Palembang,” ujarnya.

Menurut dia, PD Pasar Palembang Jaya tidak mendapatkan subsidi dari anggaran APBD, ini juga agak menyulitkan untuk membayar kompensasi. Belum lagi target retribusi pasar tercapai hanya baru berkisar 50 persen. Belum lagi permasalahan kelebihan pegawai sekitar 40 persen sehingga pengeluaran gaji juga cukup besar.

Baca:  Renovasi Pasar 16 Ilir Telan Dana Rp25 M

“Tapi, tahun depan Pasar 16 Ilir harus Pemkot Palembang yang kelola melalui PD Pasar,” katanya. #pit

x

Jangan Lewatkan

Walikota Tentukan Lima Kepala OPD Baru Akhir Desember

Palembang, BP–Kekosongan jabatan dihindari Pemerintah Kota Palembang dengan mengadakan lelang jabaran terbuka untuk lima kepala Organisasi Kepala Daerah (OPD). Ditargetkan ...