Home / Headline / Ledakan Keras Gemparkan Sungai Lais

Ledakan Keras Gemparkan Sungai Lais Timpa Atap Rumah Hingga Bolong

Palembang, BP–Warga Jalan May Zen, Kelurahan Sungai Lais, Kecamatan Kalidoni dikejutkan dengan suara ledakan keras yang berasal dari salah satu rumah warga, Senin (5/12) malam.

Suara ledakan ternyata berasal dari rumah Nomor 32, RT31/7, di Lorong Pantai, milik Sobri (60) yang lokasinya hanya berjarak sekitar 100 meter dari Markas Polairud Polda Sumsel.

Ledakan tersebut cukup kuat hingga suaranya terdengar oleh warga yang tinggal di Lorong Badai, RT32/7 yang berada di samping Lorong Pantai.

Informasi yang dihimpun, sebelum kejadian, Sobri bersama Rugaya (55) dan enam orang anak cucunya tengah berada di rumah. Sebagian penghuni rumah sudah tertidur.

Namun seluruh penghuni rumah dikejutkan dengan suara ledakan. Ternyata ada sebuah benda yang jatuh dari atas dan menimpa atap rumah, lalu menembus plafon kemudian menghantam lantai rumah panggung yang terbuat dari kayu.

Sobri pun segera menghampiri sumber suara dan melihat benda lonjong berbentuk tabung berwarna silver dengan panjang sekitar 20 sentimeter.

“Suaranya besar sekali seperti bom, kami ketakutan. Saat saya dekati, benda itu dibungkus bahan almunium sebesar telapak tangan orang dewasa. Baunya angit sekali seperti bau mesiu. Masih berasap waktu saya lihat. Atap rumah saya pun sampai bolong,” ujarnya.

Karena khawatir benda tersebut meledak lagi, Sobri melaporkan kejadian tersebut kepada ketua RT31, M Sukni (50). Benda yang diduga pelontar kapal tersebut pun dievakuasi ke lapangan terbuka dan ditutupi drum kosong untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Hampir bersamaan dengan kejadian tersebut, benda yang sama pun terjatuh di sebuah lapangan yang letaknya sekitar 20 meter dari rumah Sobri. Benda kedua pun dievakuasi di tempat yang sama, kemudian warga melaporkan penemuan tersebut ke Polsek Kalidoni.

“Kami tidak tahu dari mana asal benda yang meledak itu. Memang kata polisi bukan bom, tapi benda itu meledak. Waktu benda itu masuk ke rumah dan meledak, benda itu mengeluarkan asap. Saya pun langsung menceburkan benda itu ke kolong rumah,” ujar Rugaya, istri Sobri.

Kemudian, pada Selasa (5/12) anggota Gegana, Satuan Brimob Polda Sumsel mendatangi lokasi kejadian untuk mengamankan kedua benda tersebut. Namun sejauh ini belum diketahui benda apa yang meledak seperti bom dan membuat heboh warga Sei Lais, Kalidoni tersebut.

“Memang bukan bom, tapi benda itu meledak. Sebelum jatuh dan meledak, benda itu terbang dan suaranya seperti percon basi yang kemudian tiba-tiba meledak. Kalau benda itu suar kapal, bukan seperti itu bentuknya,” ujar Yanto, warga sekitar.

Kasat Brimob Polda Sumsel Kombes Pol Arif belum bisa memastikan benda apa yang meledak dan membuat heboh warga.

Namun petugas sudah diturunkan ke lokasi dan melakukan evakuasi benda lainnya yang belum meledak. Tidak menutup kemungkinan benda tersebut diduga pelontar, namun pastinya masih dilakukan idenfikasi.

“Sementara ini masih dilakukan pemeriksaan dan penyelidikan. Pastinya anggota sudah mendatangi lokasi dan belum ada hasil sebab masih penyelidikan,” ujarnya. #idz

 

x

Jangan Lewatkan

Lomba Roket Air Di SMANTA

Palembang, BP Pelaksanaan lomba roket air SMA Negeri 3 Unggulan Palembang (SMANTA) berjalan dengan lancar dan sukses, Sabtu (16/12). Ekstrakurikuler ...