Home / Headline / Prodi ‘Sport Tourism’ Pertama di Dunia Dibuka Poltekpar Palembang

Prodi ‘Sport Tourism’ Pertama di Dunia Dibuka Poltekpar Palembang

Prof David Hind dari Asia Pacific Institute for Events Management saat menghadiri kegiatan Focus Group Discussion (FGD) di Griya Agung Palembang, Kamis (30/11).

Palembang, BP–Melihat seringnya digelar even olahraga berskala internasional di Kota Palembang, Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Palembang tertantang untuk memanfaatkan dan turut menyukseskan pagelaran olahraga internasional tersebut.

Dalam waktu dekat Poltekpar Palembang akan membuka program studi (Prodi) baru yakni Sport Tourism, pada tahun ajaran 2018/2019.

Direktur Poltekpar Palembang DR Zulkifli Harahap ditemui usai Focus Group Discussion (FGD), di Griya Agung Palembang, Kamis (30/11), mengatakan, pihaknya sudah melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Asia Pacific Institute For Event Menagement (APIEM) pada 2016.

“Tahun ini (2017-red) membentuk FGD dan kita dalami. Pada 2018 yang akan datang kita jalankan. Tentu nantinya akan kita buat lagi FGD seperti ini. Apalagi Prodi Sport Tourism ini bakal menjadi prodi pertama yang ada di dunia,” kata Zulkifli.

Dikatakan, prodi tersebut segera dihadirkan karena selama ini orang hanya terfokus pada even olahraganya, sedangkan turis yang datang tidak terlalu diperhatikan. Dengan adanya Prodi Sport Tourism ini, para mahasiswa dari Poltekpar Palembang dapat terlibat dan memanfaatkan even-even internasional ini.

“Selama ini memang mahasiswa sudah dilibatkan. Namun hanya sebagai event organizer saja. Kita sudah diajak mencreated sebuah even internasional, seperti acara-acara Gending Sriwijaya, dan Asian Games nanti,” kata dia.

Lebih lanjut ia mengatakan, pihaknya telah menyiapkan semuanya. Kampus baru dibangun di Jakabaring. Dengan Prodi ini, kurikulumnya akan mengacu pada perhelatan olahraga, untuk mengajak para turis datang ke Palembang karena LO sudah berstandar internasional. Ini juga merupakan sebuah komoditi baru.

Saat ini, lanjut Zulkfili, di Poltekpar Palembang telah memiliki empat prodi, yakni Divisi Kamar, Seni Kuliner, Tata Hidang, serta Pengelolaan Konvensi dan Acara. Bahkan, Poltekpar Palembang telah memiliki sekitar 600 mahasiswa dan tahun depan ditargetkan bisa menambah sekitar 500 mahasiswa baru.

“Jadi pada tahun depan, setidaknya kita bisa memiliki sekitar 1.100 mahasiswa. Ya, kita harap semoga semuanya lancar,” pungkasnya. #rio

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Jumputan Gambo Muba Mulai Mendunia

Perth, Australia, BP–Kain khas karya anak putra Banyuasin yakni Jumputan Gambo Muba terus gencar diperkenalkan ke dunia dan kini telah ...